Pengaruh Panjang Motor pada MotoGP terhadap Stabilitas Dan Kelincahan

Ryan Tambun - Selasa, 27 Juni 2017 | 22:49 WIB

Setiap motor pada masing-masing pabrikan MotoGP telah dilakukan riset oleh para engineer untuk memperoleh performa yang sempurna di setiap trek.

Nah, kali ini motogp.com merilis video berdurasi 50 detik yang menunjukan bagaimana pengaruh panjang motor atau wheelbase dengan kelincahan dan stabilitas.

Untuk motor yang memiliki jarak wheelbase yang lebih panjang akan memiliki keseimbangan yang lebih baik dibanding dengan wheelbase pendek untuk melibas tikungan cepat atau high speed corner.

(BACA JUGA :  Komentar Michelin Untuk MotoGP Assen, Belanda)

Sementara untuk wheelbase pendek memiliki keungulan untuk merubah arah motor lebih cepat atau bisa dibilang lebih lincah dibanding motor yang memiliki wheelbase lebih panjang.

Keunggulan lain untuk wheelbase panjang yakni ketika motor sudah mencapai top speed.

Motor akan cenderung stabil dibanding motor dengan wheelbase pendek.

Maka dari itu, motor pada balap MotoGP memiliki swing arm yang bisa disetel jarak sumbu as roda belakangnya.

Penyetelan inipun pastinya mengikuti trek yang akan dipakai balapan.

Seperti MotoGP Assen, Belanda yang akan digelar minggu (25/6) yang menuntut motor bergerak lincah melibas tikungan khas sirkuit tersebut. (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Ryan Tambun
Editor : Hendra




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular