Jangan Parkir di Atas Garis Kuning di Trotoar, Pahami Fungsi Vitalnya

Mohammad Nurul Hidayah - Jumat, 12 Januari 2018 | 15:03 WIB
Stephan
Garis kuning ini dibuat untuk membantu para tuna netra

MOTOR Plus-online.com - Orang yang kurang paham, tentu akan bertanya-tanya fungsi dari garis kuning yang ada pada trotoar ini.

Banyak yang bilang, ini sebagai hiasan agar trotoar menjadi lebih indah dengan adanya warna lain.

Tapi, ada juga yang menjawab kalau warna kuning dengan bercorak tersebut merupakan penunjuk bagi tuna netra.

"Ini fungsinya sebagai penuntun atau penunjuk bagi kami penderita tuna netra. Jadi kami bisa mengikuti alur ini hingga mendekati daerah yang kami tuju," jelas Handoko yang mengalami tuna netra akibat kecelakaan.

(BACA JUGA : Angker! Ini Motor Standar yang Dicap Pembuat Janda Oleh Bikers Dunia)

"Sebelum ada ini, kita harus berjalan mengikuti pinggiran trotoar dan sangat beresiko. Karena bisa saja tersenggol dengan motor atau mobil," tambahnya.

Pria paruh baya yang berprofesi sebagai pemijat ini kembali berkeluh kesah, "Usaha pemerintah sangat bagus dengan dibuatkannya penunjuk jalan seperti ini, tapi sayangnya banyak yang salah mempergunakannya," kesal Handoko.

"Sebagai contoh di sini, saya terpaksa turun ke jalan raya hanya karena penunjuk jalan ini terhalang oleh kendaraan yang parkir," ujarnya.

(BACA JUGA : Bikin Bingung! Suzuki GSX-R150 Jadi-jadian, Lihat Saja Tampilan Bodi dengan Mesinnya)

Tidak hanya sampai di situ aja, warga yang tinggal di Cempaka Putih Jakarta Pusat ini sempat kesal dengan petugas parkir yang dengan sengaja memarkir kendaraan-kendaraan demi keuntungan pribadi.

"Harusnya Pemda melalui petugas di Kelurahan maupun Ketua RT setempat, dapat menegur bahkan melarang pemilik kios maupun toko untuk tidak menjadikan lahan parkir di atas trotoar," harap Handoko.





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular