Keren.. Anak Pesantren Bisa Mengubah Sampah Jadi Bensin, Warga Kegirangan

Mohammad Nurul Hidayah - Jumat, 27 April 2018 | 15:02 WIB
Adam
Mesin Pengelolah limbah plastik menjadi BBM NUSANTARA

MOTOR Plus-online.com - Bukan pencapaian kecil kalau berhasil mengubah sampah menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat

"Tak ada rotan akar pun jadi", itulah filosopi kuno untuk memanfaatkan setiap kendala yang ada menjadi peluang.

Di tengah kesulitan serta mahalnya harga bahan bakar minyak (BBM) saat ini, Komunitas Harapan Ummat bersama Pondok Pesantren Ma'had Khairul Bariyyah, Mustika Jaya Bekasi, Jawa Barat berhasil mengolah limbah sampah plastik menjadi BBM sintetis dengan kualitas nyaris sempurna.

"Kemarin kita launching hari Minggu (22/4/2018) disini. Sempat gagal karena ada sistem yang tidak jalan, tapi akhirnya Akhirnya berfungsi dengan baik," kata Ismadi, Guru Keterampilan di Pondok Pesantren Ma'had Khairul Bariyyah kepada GridOto.com di Bekasi, Jumat (27/4/2018).

"Setelah saya coba dengan berbagai cara akhirnya ketemu," katanya menambahkan.

(BACA JUGA: Jarang yang Tahu.. Perlu Enggak Sih Motor Listrik Diservis? Apa yang Harus Diganti? )

Munculnya ide untuk menghasilkan BBM sintetis berangkat dari kesadaran melestarikan alam sekitar, akibat menumpuknya limbah plastik yang sulit dihancurkan.

Bermodalkan tekad yang kuat, ia bersama anak-anak di pondok pesantren melakukan riset sederhana untuk mengolah sampah plastik itu.

Adam
Mesin pengelolah limbah plastik menjadi BBM

Selain menambah nilai ekonomis sampah plastik, mesin pengolahan limbah ini juga  mengatasi pencemaran lingkungan, akibat tidak terurainya limbah sampah plastik.





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.