Jarang yang Sadar... Ternyata Plat Kecil pada Kunci Motor Fungsinya Vital Banget

Ahmad Ridho - Rabu, 30 Mei 2018 | 17:48 WIB
Thio Pahlevi
Plat pada kunci motor fungsinya sangat vital

MOTOR Plus-online.com - Pernah melihat sebuah pelat kecil yang berisi angka pada anak kunci motor?

kira-kira untuk apa ya plat nomor itu?

Biasanya ketika membeli motor baru, pemilik akan mendapatkan dua buah kunci dan juga terdapat plat kecil yang terdapat pada kunci tersebut.

Plat tersebut umumnya memiliki kode beberapa digit angka pada permukaannya, tetapi kode tersebut ada juga yang terdapat di bagian kuncinya itu sendiri.

(BACA JUGA: Pantas! Ilmunya Tinggi, Korban Begal Yang Jadi Tersangka Ini Bisa Kalahkan Pelaku)

"Sebenarnya fungsi pelat tersebut adalah untuk mendapatkan unit kunci baru jika terjadi kehilangan.

Selain itu, berfungsi untuk registrasi nomor di divisi distribusi", kata Kukuh Aristiawan, Kepala Mekanik Big Wing Astra Motor BSD, Tangerang.

Jika terjadi kehilangan kunci, pelat tersebut dapat berguna sebagai kode registrasi untuk mendapatkan unit kunci baru, tetapi tetap dengan rumah kunci yang lama.

Proses ini sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan mengganti kunci set baru, meskipun dengan harga yang sedikit agak mahal.

Source : GridOto.com
Penulis : Ahmad Ridho
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular