Ajaib Nih, Masker Bikinan Mahasiswa Bisa Menghilangkan Stress Saat Riding

Indra Fikri - Minggu, 23 Juni 2019 | 11:34 WIB
kompas.com
Riding menggunakan masker jadi pencegah munculnya asma

MOTOR Plus-online.com - Sekumpulan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) menciptakan masker mulut yang terbuat dari kokon ulat sutera.

Masker sehat ini diberi nama Bombyx Mask dan diklaim bisa menyembuhkan penyakit tuberkulosis atau TBC serta menghilangkan stress.

Salah satu mahasiswa pencipta Bombyx Mask, Andika Harahap menjelaskan masker buatannya berbahan baku kokon ulat sutera (Bombyx mori) dan minyak atsiri (Essensial oil) yang dihasilkan melalui penerapan technology open top roller (OTR).

Dua bahan itu kemudian diracik dengan kain katun yang dijahit menjadi masker.

Baca Juga: Fatal Yamaha XMAX Ancur Berantakan Bodi Mesin dan Jok Lepas Vs Honda Supra Yang Hanya Lepas Sayap

Baca Juga: Bejat, Driver Ojek Tega Perkosa Penumpangnya Yang Masih Dibawah Umur

"Di dalam masker ini, kami masukkan kain filter yang terdiri dari kain PM 2.5, kokon ulat sutera dan minyak atsiri. Filter PM 2,5 berfungsi untuk memfilter partikel udara kotor berukuran PM 2,5 agar tidak masuk kedalam hidung. Partikel PM 2,5 sendiri merupakan sumber penyakit yang bertebaran di udara," terang Andika, Sabtu (22/6/2019).

Ia menambahkan alasan penggunaan kokon ulat sutera sebagai bahan baku utama masker karena terdapat kandungan 80 fibroin, aktivitas antimikroba, resistensi terhadap sinar UV dan menyerap kelembaban.

Sedangkan minyak atsiri memiliki efek farmakologis yang unik, seperti antibakteri, antivirus, diuretik, vasodilatator, penenang sel saraf dan perangsang adrenal.

"Sehingga sangat baik dijadikan sebagai media pengobatan untuk mengurangi penyakit TBC, Sinus hidung dan relaksasi sel saraf," imbuhnya.

Baca Juga: Waduh, Video Keyless Honda PCX 150 Bisa Dijebol Maling? Frekuensinya Dibobol?

Andika menuturkan setiap kemasan Bombyx Mask terdapat dua buah masker dan dua buah filter kokon ulat sutera.

Filter ulat sutera itu dilengkapi varian essential oil yang beraroma menenangkan serta meneduhkan seperti bunga mawar, jasmine, lavender, green tea, tea tree dan Vanila.

"Inovasi Bombyx Mask ini juga dapat menjadi solusi dari pencemaran lingkungan akibat masker sekali pakai serta mengatasi penyakit pernafasan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Hilangkan Stres dengan Masker Mulut Ciptaan Mahasiswa UB, Berbahan Kokon Ulat Sutera, Sembuhkan TBC, 

Source : tribunnews.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.