Korban Kecelakaan Truk Maut di Balikpapan Dapat Santunan Jasa Raharja, Segini Besarannya

Fadhliansyah - Sabtu, 22 Januari 2022 | 19:40 WIB
Tribun Kaltim
Kecelakaan Maut di Balikpapan Diduga Karena Rem Blong, Ini Alasan Kenapa Truk Rawan Alami Rem Blong

MOTOR Plus-online.com - Korban kecelakaan truk maut di Balikpapan, Kalimantan Timur, mendapatkan santunan dari PT Jasa Raharja.

Seperti diketahui, kecelakaan parah terjadi di simpang Muara Rapak, Balikpapan, pada hari Jumat (21/1/2022) pagi.

Pada video yang viral di media sosial, terlihat truk mengalami rem blong dan menabrak puluhan kendaraan yang sedang menunggu lampu merah.

Terkait kecelakaan tersebut, PT Jasa Raharja memberi jaminan seluruh korban kecelakaan akan mendapat santunan.

Rivan A Purwantono, Direktur Utama PT Jasa Raharja, mengatakan, santunan bakal diberikan kepada korban kecelakaan yang mengalami luka-luka maupun meninggal dunia.

Jasa Raharja sangat prihatin atas musibah ini. Kami juga turut berduka cita yang mendalam atas warga yang meninggal dunia,” kata Rivan, dilansir dari Antara (21/1/2022).

Setelah kecelakaan terjadi, Jasa Raharja langsung berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Kaltim dan meninjau lokasi kejadian, serta mendatangi rumah sakit rujukan untuk melakukan pendataan kepada seluruh warga.

“Tidak perlu khawatir terkait biaya perawatan rumah sakit, karena Jasa Raharja sudah memberikan surat garansi kepada rumah sakit agar dapat merawat warga yang mengalami kecelakaan tersebut dengan baik,” kata Rivan.

Baca Juga: Kecelakaan di Simpang Rapak Balikpapan Sudah Terjadi 13 Kali Selama 13 Tahun Terakhir, Ini Daftarnya

Menurutnya, seluruh warga yang mengalami kecelakaan tersebut memperoleh jaminan dari Jasa Raharja sesuai dengan Undang-Undang No 34 Tahun 1964.

Hal ini merupakan bentuk implementasi Program Perlindungan Dasar Pemerintah terhadap warga negara yang mengalami kecelakaan.

Sesuai UU tersebut, Jasa Raharja memberikan santunan kecelakaan kepada setiap orang yang meninggal dunia atau cacat tetap akibat kecelakaan yang disebabkan oleh alat angkutan lalu lintas jalan, baik di darat, laut, maupun udara.

Santunan tersebut berasal dari dana Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang dibayarkan masyarakat setiap tahun dan iuran wajib penumpang angkutan umum.

Sebagai informasi, jenis kecelakaan yang dijamin oleh Jasa Raharja adalah kecelakaan yang melibatkan dua atau lebih kendaraan bermotor, masyarakat yang tertabrak kendaraan bermotor, dan kecelakaan penumpang pada angkutan umum.

Jasa Raharja tidak memberikan penggantian kerugian materi pada kendaraan yang mengalami kecelakaan, kecelakaan tunggal kendaraan pribadi, maupun kecelakaan yang disebabkan tindakan kriminal.

Rivan juga menambahkan, para ahli waris yang meninggal dunia akan mendapat santunan Rp 50 juta.

Sedangkan bagi warga yang mengalami luka-luka mendapat biaya perawatan melalui pihak rumah sakit maksimal Rp 20 juta.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Balikpapan Truk dan Belasan Motor, Ini Tips Hindari Tabrakan Belakang di Persimpangan

“Jasa Raharja tengah melakukan survei kepada ahli waris warga yang meninggal dunia setelah dilakukan pendataan identitas dari masing-masing warga yang mengalami kecelakaan tersebut,” ucap Rivan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul korban-laka-lantas-di-rapak-balikpapan-dapat-santunan-jasa-raharja?page=all#page2

Source : Kompas.com
Penulis : Fadhliansyah
Editor : Ahmad Ridho

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular