Punya Kontrak Dengan Dorna Sports, Sirkuit Mandalika Akan Serap 600 Ribu Pekerja Sampai 2025

Indra Fikri - Rabu, 20 April 2022 | 19:15 WIB
Tribunlombok.com
Punya kontrak dengan Dorna Sports untuk 10 tahun ke depan, sirkuit Mandalika akan menyerap 600 ribu pekerja sampai tahun 2025.

MOTOR Plus-online.com - Punya kontrak dengan Dorna Sports untuk 10 tahun ke depan, sirkuit Mandalika Lombok akan menyerap 600 ribu pekerja sampai tahun 2025.

Kehadiran Sirkuit Mandalika di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) diperkirakan menyerap lebih dari 70 persen sumber daya manusia (SDM) lokal.

Hal ini seiring durasi kontrak antara Dorna Sports dengan pemerintah Indonesia untuk menyelenggarakan event olahraga internasional di sana hingga 10 tahun ke depan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB, I Gede Putu Aryadi menjelaskan, pembangunan sejumlah proyek strategis nasional di NTB membawa harapan baru bagi masyarakat lokal.

Kesempatan kerja dan peluang usaha baru terbuka lebar di sektor formal maupun informal.

Diproyeksikan sampai tahun 2025 akan terbuka kesempatan kerja sebanyak 691.685 jabatan dari berbagai jenis lapangan usaha.

“Dalam perencanaan awal investasi di kawasan KEK Mandalika, akan dibangun delapan hotel bintang lima, yang saat ini baru terbangun satu," kata Gede Putu Aryadi, dikutip dari Tribunlombok.com.

Ia mencontohkan, satu hotel bintang lima akan menyerap pekerja sekitar 400 orang dengan berbagai jabatan.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Gagal Jadi Seri Penutup WorldSBK 2022, Ini Kata MGPA

"Kalau dikali delapan, sudah tiga ribu sekian. Belum lagi industri turunan lain,” lanjutnya.

Industri turunan yang dimaksud ialah seperti UMKM, jasa transportasi, hingga pertanian yang memenuhi kebutuhan dasar konsumsi wisatawan.

Source : TribunLombok.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Joni Lono Mulia

Video Pilihan




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular