Perbedaan Kompresi Statis dan DInamis, Enggak Banyak Bikers Yang Tahu

Indra Fikri - Senin, 6 Juni 2022 | 16:40 WIB
Indra/MOTOR Plus
Inilah perbedaan rasio kompresi statis dan dinamis di motor, ternyata enggak banyak bikers yang tahu.

MOTOR Plus-online.com - Inilah perbedaan rasio kompresi statis dan dinamis di motor, ternyata enggak banyak bikers yang tahu.

Angka rasio kompresi sering dikaitkan dengan nilai oktan dan pilihan BBM yang harus dipakai pada sepeda motor.

Nah, sebenarnya pada mesin-mesin 4-tak terdapat dua jenis rasio kompresi, yaitu rasio kompresi statis dan rasio kompresi dinamis.

Apa perbedaan antara rasio kompresi statis dan dinamis?

Rasio Kompresi Statis

Rasio kompresi statis merupakan angka yang banyak dicantumkan pada brosur-brosur spesifikasi motor, misalnya pada Yamaha NMAX 2022 mempunyai rasio kompresi 11,6:1 atau Honda PCX 160 12:1.

Statis sendiri aritnya tetap atau tidak berubah.

"Rasio kompresi statis berubah jika ada perubahan pada volume silinder atau volume ruang bakar," buka Danu Andri Wibisono, punggawa bengkel Duta Motorsport di Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih Bensin Motor Buat Perjalanan Jauh Lebaran, Ini Daftarnya Yuk Dicek

Contohnya, volume silinder naik karena melakukan bore up atau stroke up, maka angka rasio kompresi statis pasti berubah.

"Selain itu, volume ruang bakar yang menjadi makin sempit atau makin luas juga akan mengubah rasio kompresi statis," sambungnya.

Penulis : Indra Fikri
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.