Harga BBM Pertalite Dan Solar Naik, Pemerintah Kasih BLT Rp 600 Ribu Mulai Minggu Ini

Indra Fikri - Senin, 29 Agustus 2022 | 15:45 WIB
Tribunnews.com
Harga BBM Pertalite dan Solar naik, pemerintah bagikan BLT Rp 600 ribu mulai minggu ini.

MOTOR Plus-online.com - Harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar naik, pemerintah kasih bantuan langsung tunai (BLT) Rp 600 ribu mulai minggu ini.

Akhirnya, Pemerintah mengambil opsi penyesuaian harga BBM bersubsidi sebagai imbas dari kenaikan harga minyak mentah dunia yang membebani APBN.

Sehingga, Pemerintah akan menyiapakan sejumlah bantalan sosial untuk menjaga daya beli masyarakat yang akan terimbas akibat kenaikan harga BBM bersubsidi.

Hal itu disampaikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani usai rapat intern mengenai pengalihan subsidi BBM di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, (29/8/2022).

"Jadi dalam hal ini masyarakat yang akan mendapatkan bantuan sosial dalam hal ini di dalam rangka untuk meningkatkan daya beli mereka," kata Sri Mulyani.

"Terutama karena dalam beberapa waktu terakhir memang tendensi dari kenaikan harga yang berasal dari pengaruh global, memang perlu untuk direspon," lanjutnya.

Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 24,17 triliun untuk bantalan sosial tersebut yang menyasar 20,65 juta penduduk atau penerima manfaat.

Bantalan sosial tersebut terdiri dari BLT dengan anggaran sebesar Rp 12,4 triliun.

Baca Juga: Harga Pertalite dan Solar Naik Antara 30 s/d 40 Persen Dibocorkan Anggota DPR RI Segini Angka Dalam Rupiahnya

BLT diberikan sebesar Rp 150 ribu sebanyak 4 kali yang akan dibayarkan per dua kali.

"Jadi dalam hal ini ibu Mensos akan membayarkannya 2 kali, yaitu 300 ribu pertama dan 300 ribu kedua," kata Menkeu.

Source : Tribunnews.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.