Gawat, BBM Pertalite Diprediksi Akan Langka, Kuota Pertamina Habis Bulan Oktober Ini

Indra Fikri - Rabu, 28 September 2022 | 13:30 WIB
TribunTernate.com/Gajali Fataruba
Foto ilustrasi antrean BBM. Pertalite diprediksi akan langka.

MOTOR Plus-online.com - Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite diprediksi akan langka, kuota Pertamina habis bulan Oktober ini.

Kuota Pertalite tahun ini yang sebesar 23,05 juta kiloliter (kl) akan habis pada Oktober mendatang berdasarkan hasil hitung-hitungan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Namun, hingga kini Pemerintah masih belum merealisasikan penambahan kuota bahan bakar minyak (BBM) Subsidi.

Anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman mengatakan, dari hitung-hitungan yang dilakukan pada September ini, konsumsi hingga akhir tahun diprediksi bakal bertambah sebesar 6,8 juta kl.

"Kuota tahun ini Pertalite 23,05 juta kl, dari prognosa yang kita buat hingga September ini maka nanti soal konsumsi tahunan bisa mencapai tambahan 6,8 juta kl," kata Saleh dalam diskusi virtual, Selasa (27/9/2022).

Saleh mengungkapkan, secara ideal diperlukan regulasi berupa revisi Peraturan Presiden (Perpres) 191/2014 untuk mengatur lebih detail pembatasan pembelian BBM Subsidi.

Saleh menjelaskan, selain pengetatan pembelian, penambahan kuota juga diperlukan seiring pertumbuhan ekonomi yang terus terjadi.

"Kita berharap kuotanya ditambah agar momentum pertumbuhan ekonomi tetap terjaga, harapan kita dan mudah-mudahan kuotanya ditambah," sambungnya.

Baca Juga: Penasaran Bagaimana Bikin Bensin Pertalite, 7 Proses Sebelum Masuk ke Tangki Motor Konsumen

Meskipun jika nantinya ada penambahan kuota, Saleh menegaskan pengetatan pembelian masih akan diberlakukan.

Sementara itu, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting memastikan stok BBM subsidi masih dalam kondisi aman.

Source : Tribunnews.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Ahmad Ridho

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular