Tidak Ada Tilang Manual dalam Razia, Polisi Kasih Tahu Cara Menindak Pelanggar Lalu Lintas Agar Jera

Aong - Minggu, 23 Oktober 2022 | 20:05 WIB
Tribunnews.com/JEPRIMA

MOTOR Plus-online.com - Tilang manual secara langsung kepada pelanggar lalu lintas ditiadakan alias tilang manual dihapus.

Tidak ada tilang manual dalam razia, polisi kasih tahu cara menindak pelanggar lalu lintas agar jerak tak diulangi.

Bukan tanpa alasan tilang manual dihapus atau ditiadakan karena untuk memperbaiki citra Polri.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri diintruksikan agar tidak lagi melakukan tilang manual bagi pengendara kendaraan bermotor.

Sesuai instruksi Kapolri lewat Surat Telegram Nomor: ST/2264/X/HUM. 3.4.5./2022 yang menyatakan larangan melakukan tilang manual per tanggal 18 Oktober 2022.

Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan menjelaskan jika instruksi tersebut harus dipahami dengan dua prinsip penegakan hukum terkait aturan berlalu lintas yakni dengan pro justitia dan non yustisial.

“Jadi penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas atau masalah lalu lintas itu sesungguhnya ada dua penyelesaiannya yang pertama penyelesaian dengan pro justitia, artinya pelanggaran ditindak, ditilang, proses ke pengadilan, divonis oleh pengadilan sampai dengan pembayaran denda, ” kata Aan dikutip dari NTMC Polri, Minggu (23/10/2022).

Sementara itu, cara non yustisia artinya penegakan hukum itu tidak perlu sampai ke pengadilan cukup dengan edukasi atau berikan teguran.

Baca Juga: Polisi Jangan Coba-coba Lobi atau Lakukan Pungli Saat Gelar Razia, Sanksinya Berat

Baca Juga: Sweeping Motor dan Mobil Nunggak Pajak yang Tertangkap Kudu Bayar Ditempat Gak Punya Uang STNK Ditahan

Penulis : Aong
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.