Hore Upah Minimum Tahun 2023 Akan Naik Resmi Diumumkan Menteri Ketenagakerjaan

Ahmad Ridho - Selasa, 8 November 2022 | 14:45 WIB
Kompas.com
Ilustrasi kabar bagus untuk pemotor yang berstatus sebagai pekerja karena akan ada kenaikan upah minimum mulai tahun 2023.

MOTOR Plus-online.com - Asyik pemotor girang akan ada kenaikan upah minimum mulai tahun 2023 mendatang, diumumkan langsung Menteri Ketenagakerjaan (Menaker).

Kabar bagus untuk pemotor yang berstatus sebagai pekerja karena akan ada kenaikan upah minimum.

Kenaikan upah minimum ini secara resmi diumumkan Menaker dan akan berlaku tahun 2023 mendatang.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memastikan bahwa upah minimum tahun 2023 akan naik.

Hal ini mengacu Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

"Upah minimum dihitung dengan menggunakan formula perhitungan upah minimum yang memuat variabel pertumbuhan ekonomi atau inflasi. Jika kita melihat kedua indikator ini, pada dasarnya sudah dapat dilihat bahwa upah minimum tahun 2023 relatif akan lebih tinggi dibandingkan dengan upah minimum tahun 2022," katanya dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (8/11/2022).

Dengan data pertumbuhan ekonomi dan inflasi, lanjut Menaker, penetapan upah minimum juga meliputi penyesuaian upah minimum provinsi (UMP) dan upah minimum kabupaten/kota (UMK).

Menaker menjelaskan, penyesuaian UMP dan UMK ini meliputi 20 jenis data yang didapat Badan Pusat Statistik (BPS), kemudian diserahkan kepada Kemenaker.

Baca Juga: Irjen Teddy Minahasa Ditangkap, Gaji Polisi Bintang Dua Per Bulan Cuma Kebeli Helm Nolan

"Kementerian Ketenagakerjaan kami sampaikan nantinya kepada seluruh gubernur seluruh Indonesia. Selanjutnya, kami juga telah melakukan serangkaian persiapan dalam rangka penetapan upah minimum tahun 2023 yang dimulai dengan melakukan beberapa kegiatan," ucapnya.

Penulis : Ahmad Ridho
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular