Tilang Manual Dihapus, Polisi Sebut Pengendara Jadi Nekat Melanggar Meski Ada Petugas

Indra Fikri - Senin, 21 November 2022 | 14:25 WIB
Kompas.com
Tilang manual dihapus, polisi sebut pengendara nekat melanggar lalu lintas meski ada petugas

MOTOR Plus-online.com - Tilang manual dihapus, Ditlantas Polda Metro Jaya sebut pemotor jadi nekat melanggar lalu lintas meski ada petugas.

Hal ini disampaikan Kasi Laka Lantas Ditlantas Polda Metro Jaya, Edy Purwanto.

Edy mengatakan, pelanggar memahami bahwa sanksi tilang hanya diberikan melalui tilang elektronik (ETLE) sehingga petugas di lapangan hanya bisa memberikan sanksi teguran.

"Jadi mereka tahu, ah paling hanya ditegur, paling hanya diberi tahu sehingga ya mohon maaf polisi pun di situ tidak dianggap," buka Edy.

Edy menambahkan, fenomena yang muncul sejak dihapuskannya tilang manual adalah munculnya masyarakat yang tidak memasang plat nomor.

Lebih lanjut dia mengatakan, hal itu terjadi lantaran kurangnya kesadaran masyarakat pengguna jalan dalam tertib berlalu lintas.

"Masih adanya budaya tertib kalau ada petugas. Jadi kalau ada petugas tertib, kalau tidak ada petugas seenaknya sendiri," tambahnya.

Terkait hal itu, Ditlantas Polda Metro Jaya akan meningkatkan fungsi imbauan dan edukasi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas.

Baca Juga: Polisi Tetap Tindak Pemotor Yang Melanggar Dan Jadi Penyebab Kecelakaan Walau Tilang Manual Dihapus

Sementara itu, Ditlantas Polda Metro Jaya masih menunggu realisasi hibah 70 kamera E-TLE yang diajukan ke Pemprov DKI Jakarta.

Pasalnya, pengajuan hibah tersebut sudah dilakukan sejak 2021 lalu.

Source : Wartakotalive.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.