Diduga Selewengkan Bantuan Gempa, Bupati Cianjur Herman Suherman Punya Motor Matic Honda Vario

Ardhana Adwitiya - Selasa, 27 Desember 2022 | 19:27 WIB
Tribun Jabar/Theofilus Richard
Bupati Cianjur Herman Suherman dilaporkan ke KPK dalam dugaan korupsi penyelewengan bantuan gempa Cianjur, ternyata punya motor matic Honda Vario.

MOTOR Plus-online.com - Diduga selewengkan bantuan gempa, Bupati Cianjur Herman Suherman ternyata punya motor matic Honda VarioBupati Cianjur Herman Suherman dilaporkan ke KPK atas dugaan penyelewengan dana bantuan gempa Cianjur.

Laporan itu dilayangkan kelompok masyarakat yang menamakan diri mereka Adacsenahumanis Respon Foundation. Ery selaku perwakilan mengatakan, Herman Suherman diduga menyalahi standar operasional prosedur (SOP) yang dibuat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam penyaluran bantuan gempa Cianjur yang terjadi November lalu.

Ery menjelaskan, bantuan gempa Cianjur tersebut diberikan oleh pihak asing bernama Emirates Red Crescent.

"Bupati memotong SOP yang sudah dibuat BNPB, serta me-repacking bantuan menjadi berbeda," ujar Ery dikutip dari Kompas.com, Senin (26/12/2022).

Ery dan rekan-rekannya menduga, Herman tidak meneruskan bantuan gempa Cianjur sebagaimana semestinya.

Herman diduga menggunakan jabatannya sebagai Bupati Cianjur untuk memotong distribusi bantuan dan mengubah kemasan bantuan itu untuk kemudian dijual ke pasar.

"Yang tadinya sumbangan dari lembaga internasional diubah kemasan partai dan dijual ke pasar,” ujar Ery.

Awal dugaan penyelewengan muncul ketika bantuan tersebut tidak ditempatkan di gudang maupun lokasi penyimpanan untuk korban bencana gempa.

 Baca Juga: Naik Motor Matic Honda Vario 150, Tiga Siswi Ini Menjelma Jadi Venom

Ery mengaku semakin curiga saat pihaknya mendatangi lokasi gudang lain sebagaimana petunjuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular