Korlantas Polri Siapkan Pesawat Tanpa Awak Awasi Arus Lalu Lintas

Albi Arangga - Selasa, 17 Januari 2023 | 09:15 WIB
Kompas.com
Ilustrasi pesawat tanpa awak jadi rencana polisi untuk pengawasan arus lalu lintas.

MOTOR Plus-Online.com - Demi pengawasan arus lintas yang maksimal, Korlantas Polri rencanakan pesawat tanpa awak.

Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan, mengungkapkan pengawasan terhadap arus lalu lintas perlu menerapkan teknologi.

Selain daripada adanya sistem ETLE, perlu adanya alat pendukung lainnta yang mampu mengawasi lalu lintas secara akurat.

Dikutip dari ntmcpolri.info, Selasa (17/1/2023), salah satu ide yang muncul yakni menggerakan pesawat tanpa awak.

“Jadi kita sedang mengkaji, menguji dan melihat rencana kita yang akan membuat satu pendukung untuk patroli kita, pengawasan arus lalu lintas dengan menggunakan pesawat tanpa awak,” ujar Brigjen Pol Aan.

“Contohnya saat terjadi kemacetan, kita bisa patroli ke ujung daripada sumber kemacetan tersebut, sehingga dari pembantuan melalui pesawat tanpa awak ini akan mengirimkan ke command center kita dari situ langsung ada komando kepada anggota yang dilapangan langsung untuk mengurangi kemacetan tersebut,”tambah Aan.

Aan menjelaskan dengan adanya teknologi tersebut bisa mempermudah petugas saat akan melakukan survey dan monitoring suatu ruas yang mungkin tidak bisa melalui jalur darat.

Kedepan teknologi tanpa awak akan dikembangkan untuk penegakan hukum melalui ETLE.

Baca Juga: Ratusan STNK Diblokir Di Kendari, Terjaring ETLE Tapi Tidak Konfirmasi

“Kita akan kembangkan ini dengan melakukan penegakan hukum melalui ETLE dengan basis Drone ini, nantinya dengan kamera yang sesuai dengan specs tadi ya bisa meng-capture plat nomornya, bisa mengcapture pelanggarannya apa termasuk kecepatan,”pungkasnya.

Source : ntmcpolri.info
Penulis : Albi Arangga
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular