Kenalin, Motor Listrik Militer E-Tactical Sergap Karya Anak Bangsa Siap Diproduksi Massal

Indra Fikri - Rabu, 15 Februari 2023 | 11:41 WIB
TribunJabar.id
Motor listrik militer E-Tactical Sergap siap diproduksi massal.

MOTOR Plus-online.com - Kenalan dengan motor listrik militer E-Tactical Sergap karya anak bangsa yang sudah siap diproduksi massal.

Motor listrik militer E-Tactical Sergap telah resmi mendapatkan sertifikat kelaikan Motor Listrik Militer dari Pusat Kelaikan Kementerian Pertahanan (Puslaik Kemhan).

Saat ini, motor listrik militer yang dikembangkan anak perusahaan Len Industri (Defend ID), PT Eltran Indonesia dan PT BYXE Motor Indonesia (BMI) itu, dalam proses produksi dan segera digunakan secara massal.

"Semoga aman untuk alat, lingkungan, dan personel. Selain itu selanjutnya juga bisa mendapatkan tambahan sertifikasi hingga ke SMI (Standar Militer Indonesia)," buka Kepala Pusat Kelaikan Kemhan, Marsma TNI Tengku Mohammad Yani Rudiansyah.

"Kemudian produk ini tidak hanya digunakan militer kita namun dijual kemana-mana sehingga membantu meningkatkan pendapatan devisa negara," ungkapnya.

Sebelumnya, kendaraan elektrifikasi ini juga sudah mendapatkan sertifikasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan (Balitbang Kemenhan).

Pengembangan kendaraan listrik ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Serta Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Baca Juga: Kenalin Motor Listrik Baru Kerja Sama Freeneg dan SMK Muhammadiyah

Sehingga penggunaan sesuai dengan kebutuhan TNI.

Motor listrik militer ini juga dinilai sebagai bukti bahwa Indonesia turut mengikuti perkembangan yang ada dan merupakan komitmen pemerintah dalam upaya menekan emisi karbon.

Penulis : Indra Fikri
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular