Macam-macam Sayap Belakang Motor MotoGP 2023, Seberapa Pengaruh Sih?

Didit Abdillah - Kamis, 16 Maret 2023 | 12:45 WIB
Kolase (Repsol Media Service, MotoGP, Ducati Media House)
Empat dari lima pabrikan sudah mencoba pakai sayap belakang pada motornya untuk MotoGP 2023. Siapa yang punya efek paling optimal?

MOTOR Plus-Online.com - Tren penggunaan aerodinamika di MotoGP mulai berkembang pada tahun 2016. 

Saat itu Ducati menjadi yang pertama menggunakan aerodinamika kala menggunakan winglet pada bodi depan, masalah utamanya karena Ducati membutuhkan downforce pada motornya. 

Agar motor bikinan Bologna, Italia itu bisa berbelok dengan baik, meski memiliki kecepatan tinggi. 

Tren tersebut diikuti banyak pabrikan yang menggunakan sayap depan, hingga kini sudah sampai ke sayap belakang. 

Pada bagian buntut motor MotoGP, kini juga dipasangkan perangkat aerodinamika dengan berntuk seperti tanduk, sayap, sampai mirip spoiler belakang mobil balap. 

Hanya saja untuk aerodinamika di buntut motor justru bukan dimulai oleh Ducati tetapi dari Aprilia saat balapan MotoGP Italia 2021 di Mugello, Italia. 

Efeknya tidak terasa di Aprilia RS-GP, tetapi menjadi inspirasi untuk Ducati untuk mengembangkan aerodinamika di buntut. 

Kolase (Repsol Media Service, MotoGP, Ducati Media House)
Empat dari lima pabrikan sudah mencoba pakai sayap belakang pada motornya untuk MotoGP 2023. Siapa yang punya efek paling optimal?

Ducati mengembangkan aerodinamika di bagian belakang pada tahun 2022 dengan bentuk seperti tanduk Stegosaurus, sedikit miring, sehingga alira udara tetap didapatkan meski saat trek lurus dan saat menikung. 

Bentuk mirip ditiru Honda RC213V sejak akhir tahun lalu dan di awal tahun ini, meski efeknya belum terasa. 

Source : Berbagai sumber
Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular