Drat Pulley Depan di CVT Motor Matic Rusak, Wajib Ganti Kruk As Enggak Sih?

Uje,Indra Fikri - Selasa, 28 Maret 2023 | 19:25 WIB
FB Budi Tan
Drat pulley depan di CVT motor matic rusak, harus ganti kruk as?

Motor Plus-online.com - Jika drat pulley depan di CVT motor matic yang sudah slek atau rusak, apakah wajib ganti kruk as?

Drat pulley depan di CVT yang sudah rusak atau slek merupakan salah satu masalah yang sering dialami para pemilik motor matic.

Kalau drat pulley sudah slek atau rusak bikin pulley depan enggak bisa dikencangkan.

Biasanya, hal ini diakibatkan oleh kesalahan pemasangan.

Misalnya, posisi pemasangan mur yang masih miring belum rata tapi sudah dipaksa dikencangkan.

"Jadi saat mau mengencangkan mur pulley, posisinya belum pas tapi sudah dikencangkan. Itu yang sering bikin rusak," kata Dustin, owner bengkel Garage +62.

"Jadi nanti dratnya slek atau rusak dan tidak mau dikencangkan. Motor jadinya tidak bisa berjalan karena pulley depan yang tidak bisa dikencangkan," tambahnya.

Banyak bengkel menyarankan untuk melakukan penggantian kruk as jika drat mur pulley rusak.

Baca Juga: Waspada, Begini Efek Dari Jarang Ganti Oli Gardan di CVT Motor Matic

"Tapi harga kruk as kan mahal. Kalau di bengkel kami bisa diperbaiki dengan cara bikin drat baru lebih panjang," ungkap Dustin.

"Kemudian setelah terbentuk, drat kami hardening supaya kuat lalu di balancing ulang," lanjut pria yang bermarkas di Jalan Kembang Kerep No. 88, Jakarta Barat.

"Drat baru lebih panjang ini lebih aman juga saat pemasangan mur dan lebih kuat," jelas Dustin yang bisa dikontak di nomor 0899-9780-862.

Untuk biaya pengerjaan juga terjangkau, cuma sekitar Rp 200 ribuan. Jadi jauh lebih terjangkau dari ganti kruk as harganya bisa tembus Rp 1 jutaan," tutupnya.

Penulis : Uje
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular