Ramai Rini Soemarno Dikaitkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Sosok Di Balik Motor Kanzen Di Indonesia

Ardhana Adwitiya - Senin, 17 April 2023 | 12:01 WIB
Tabloid MOTOR Plus No.087/II
Rini Soemarno (depan) bersama motor Kanzen, kini dikaitkan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

MOTOR Plus-online.com - Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung jadi sorotan netizen belakangan ini, sampai menyeret nama Rini Soemarno.

Rini Soemarno dikaitkan dengan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, punya pengalaman di industri roda dua yakni motor Kanzen Indonesia.

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau disingkat KCJB jadi sorotan setelah pemerintah China meminta agar APBN Indonesia menjadi jaminan pembayaran utang.

Mengutip dari Kompas.com, China Development Bank (CDB) sempat meminta Pemerintah Indonesia turut menanggung pembengkakan biaya proyek KCJB yang digarap PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).

PT KCIC yang sahamnya dimiliki beberapa BUMN dan konsorsium perusahaan China berharap, kucuran duit APBN melalui skema PMN ke PT KAI (Persero) yang sudah disetujui DPR bisa jadi penyelamat.

Geram APBN Indonesia dijadikan jaminan, netizen langsung menggali siapa saja tokoh yang awalnya menyetujui proyek KCJB dengan pemerintah China.

Akhirnya muncul nama Rini Soemarno, mantan Menteri BUMN periode 2014-2019.

Dalam pemberitaan Kompas.com 2 Oktober 2015, Rini Soemarno menyebut Pemerintah Indonesia mantap memilih China karena negara itu menawarkan pembangunan proyek tanpa APBN dan jaminan pemerintah.

Baca Juga: Buruan Serbu Lowongan Kerja Teknisi Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Lulusan SMK Bisa Masuk

"Begini soal kereta cepat supaya semua jelas," ujar Rini Soemarno kala itu.

Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular