Efek Berkelanjutan Jadwal Baru Sprint Race Di MotoGP 2023, Lagi Pembalap Reguler Absen

Joni Lono Mulia - Minggu, 7 Mei 2023 | 09:20 WIB
MotoGP
Pembalap reguler MotoGP musim ini, Pol Espargaro (kiri), Enea Bastianini (tengah) dan Miguel Oliveira (kanan) dipastikan absen di MotoGP Prancis 2023 pekan depan, efek berkelanjutan jadwal baru Sprint Race di musim ini

MOTOR Plus-online.com - MotoGP Prancis 2023 di sirkuit Le Mans digelar pekan depan, masih saja pembalap reguler harus absen, efek berkelanjutan dari jadwal baru sprint race musim ini.

Usai MotoGP Portugal 2023 akhir Maret silam di mana format balap baru Sprint Race dikenalkan tercatat 2 pembalap reguler MotoGP absen.

Jadwal baru Sprint Race di MotoGP 2023 jadi pemicunya, lantaran jumlah sesi latihan jadi berkurang.

Hingga kemudian penentuan pembalap langsung lolos ke kualifikasi 2 atau Q2 hanya ditentukan dari 2 kali sesi latihan 1 dan 2 hari Jumat (P1 dan P2).

Kemudian pembalap tak lagi ada sesi latihan di jam atau waktu yang identik dengan jadwal balapan alias FP4.

Perubahan drastis itu membuat pembalap jadi lebih stress dan kehilangan konsentrasi.

Pasalnya sudah terbiasa dengan jadwal sebelumnya, belum ada jadwal baru sprint race, masih 4 kali laithan resmi (FP1 hingga FP4).

Penentuna pembalap lolos ke Q2 berdasarkan 3 kali sesi latihan resmi (FP1, FP2 dan FP3) serta pembalap punya input penting pilihan ban untuk balapan saat jalani FP4.

Perubahan drastis itu membuat pembalap sudah harus melakukan yang terbaik sejak P1 dan P2 kemudian P3 jadi penting karena menyangkut setting untuk kualifikasi.

Baca Juga: Pol Espargaro Akhirnya Muncul Ke Publik Usai Cedera, Mengaku Tidak Bisa Makan Berminggu-Minggu

Source : Berbagai sumber
Penulis : Joni Lono Mulia
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular