Siap Sedih Kalau Warna Oli Jadi Ada Campuran Merah Saat Ganti oli

Yuka Samudera - Rabu, 7 Juni 2023 | 11:42 WIB
Isal/GridOto.com
ILUSTRASI. Siap-siap sedih jika warna oli tampak ada campuran merah ketika ganti oli. Kenapa tuh?

MOTOR Plus-Online.com - Waspada dan siap sedih jika melihat warna oli seperti ada campuran warna merah ketika ganti oli motor.

Musti siap-siap sedih dan khawatir ketika ganti oli mesin motor di bengkel, namun melihat warna oli kok bukannya hitam tapi malah ada campuran merah?

Ada beberapa kasus warna oli menjadi seperti tercampur warna merah saat membuang oli bekas dari mesin.

Beberapa bikers atau pemilik motor ada yang mengalami kejadian seperti ini saat mereka mengganti oli mesin motor di bengkel.

Kejadian ini memiliki istilah yaitu Fuel Dilution atau tercemarnya oli mesin oleh bahan bakar atau bensin.

Ahli Konversi Energi Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB), Tri Yuswidjajanto Zaenuri pun kasih penjelasan soal Fuel Dilution ini.

"Fuel dilution atau terlarutnya bahan bakar ke dalam pelumas adalah karena adanya bahan bakar yang tidak habis terbakar, kemudian mengalir melewati celah di antara piston dan silinder, lalu masuk/larut ke dalam pelumas," buka Pak Yus ketika MOTOR Plus hubungi via pesan singkat, Rabu (7/6/2023).

MIGWeb
ILUSTRASI. Oli mesin berubah warna jadi warna bensin akibat Fuel Dilution.

Menurutnya, bahan bakar yang tidak habis terbakar ini jumlahnya sangat sedikit pada setiap pembakaran.

Baca Juga: Harus Senang dan Tepuk Tangan Jika Warna Oli Mesin Berubah Jadi Hitam Nih Dia Jawaban Teknisnya

"Tetapi karena jumlah pembakaran yang terjadi setiap menit pada mesin 4 langkah adalah sama dengan setengah dari putaran mesinnya, maka bisa cukup banyak juga, jika menempuh jarak ribuan kilometer atau mesin bekerja selama berjam-jam, apalagi kalau celah antara piston dan silinder cukup lebar karena aus," jelasnya lagi.

Penulis : Yuka Samudera
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.