Mirip Nikuba Fuel Water Hybrid Penemuan Baru Air Bisa Jadi Bahan Bakar Motor, 220 Ml Air Bisa Tempuh 450 Km

Ahmad Ridho - Selasa, 18 Juli 2023 | 10:50 WIB
MOTOR Plus-online/ A. Ridho
Rudy Sumardi Dosen Rekayasa Teknologi di PTID-STTD Bekasi menunjukkan alat pengubah air menjadi bahan bakar di motor dan mobil.

MOTOR Plus-online.com - Sempat ramai Nikuba, baru-baru ini geger penemuan baru air bisa jadi bahan bakar untuk motor dan mobil bernama Fuel Water Hybrid (FWH).

Bahkan untuk 220 ml air murni yang dimasukan ke dalam tabung khusus di mobil bisa menempuh jarak sejauh 450 kilometer.

Sementara untuk motor 220 ml air bisa tembus jarak sampai 50 km. 

Riset dan penemuan Fuel Water Hybrid (FWH) ini diungkap Politeknik Transportasi Darat Indonesia-Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI-STTD).

Belum lama sempat viral penemuan air (hidrogen) yang bisa menggantikan bensin di motor.

Aryanto Misel, penemu Nikuba yakni air yang bisa diubah menjadi bahan bakar masih menjadi pembicaraan sampai sekarang.

Baru-baru ini sebuah terobosan melalui serangkaian penelitian ilmiah, PTDI-STTD mengumumkan berhasil mengubah air menjadi bahan bakar dan dinamakan Fuel Water Hybrid (FWH). 

Bedanya dengan Nikuba, penemuan dosen PTDI-STTD ini masih menggunakan bensin atau solar untuk menghidupkan mesin di awal sebelum diambil alih air (hidrogen).

Adalah Rudy Sumardi penemu teknologi air bisa berubah menjadi bahan bakar atau FWH yang juga Dosen rekayasa teknologi di PTDI-STTD.

"Betul kami mengembangkan sebuah alat atau teknologi yang bisa mengurai air menjadi bahan bakar. Namun kami masih memakai bensin untuk menghidupkan motor atau mobil di awal dan selanjutnya air yang menjadi bahan bakar," tegasnya kepada MOTOR Plus-online di gedung PTDI-STTD Bekasi, Jawa Barat, Senin (17/7/2023).

Penulis : Ahmad Ridho
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.