Balapan di Sirkuit Mandalika, Motor Yamaha R25 Ganti Oli Berapa Kali di ARRC Indonesia 2023?

Didit Abdillah - Senin, 14 Agustus 2023 | 07:27 WIB
DAB/MOTOR Plus
Yamaha R25 besutan pembalap Yamaha Racing Indonesia. Ganti olinya berapa kali ya?

MOTOR Plus-Online.com - Salah satu yang penting dalam balapan, kondisi mesin harus diperhatikan agar terus dalam kondisi prima. 

Untuk itu penggunaan oli harus selalu dalam kondisi yang terbaik demi performa motor terus terjaga. 

Sebenarnya oli motor balap itu diganti berapa kali sih di setiap satu seri balapan?

"Normalnya dan rata-rata semua tim itu mengganti oli satu kali, ada juga yang dua kali tapi di kami (Yamaha Racing Indonesia/YRI) itu oli baru hanya di awal FP1," ujar Wahyu Rusmayadi, Manajer Tim YRI. 

"Jadi oli kami pakai fresh itu di awal FP1 dan hanya kita cek aja kondisinya setiap habis, FP, kualifikasi, dan balapan, kalau memang kondisinya sudah jelek gitu ya, baru diganti," lanjutnya. 

Untuk Yamaha R25 di YRI menggunakan oli dengan SAE 5W-30 yang menggunakan oli Yamalube hasil formulasi khusus bekerja sama dengan Eneos. 

Pengalaman Eneos di dunia balap, termasuk jadi sponsor oli untuk Yamaha di MotoGP.

"Karena kita cukup yakin dengan performa Yamalube yang memang khusus untuk motor sport Yamaha, tapi ini karena balapan yang serius, kita bekerja sama dengan Eneos," Wahyu Rusmayadi menjelaskan. 

"Jadi oli baru kita kuras dan kita kosongkan mesin sebelum motor ditaruh di dalam peti untuk proses pengiriman ke negara host road race ARRC selanjutnya," imbuhnya. 

Baca Juga: Di ARRC Mandalika, Yamaha Racing Indonesia Ada Tiga Sponsor Oli. Kok Bisa?

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.