Daftar Bengkel Uji Emisi Motor dI Jakarta, Buruan Ikut Sebelum Kena Tilang Rp 250 Ribu

Ardhana Adwitiya - Minggu, 27 Agustus 2023 | 19:50 WIB
Dok. YIMM
Ilustrasi bengkel yang terima uji emisi motor di Jakarta.

MOTOR Plus-online.com - Razia tilang uji emisi motor di Jakarta akan diterapkan sebentar lagi, cek daftar bengkel yang terima uji emisi bro.

Motor yang tidak lolos uji emisi di Jakarta akan dikenakan tilang mulai 1 September mendatang.

Penerapan tilang motor yang tidak lolos uji emisi diatur dalam Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), serta Peraturan Gubernur No. 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan bermotor.

Pengendara yang mengabaikan kebijakan ini bisa dikenakan sanksi berupa tilang, yaitu Rp 250.000 untuk motor dan Rp 500.000 untuk mobil.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan bahwa razia ini adalah salah satu upaya Pemprov DKI dalam mengurangi polusi udara secara signifikan.

"Setelah kami menggalakan uji emisi diinternal kami, dan semuanya sudah melaksanakan," ujar Asep dikutip dari rilis Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

"Kita mulai bergegas untuk menggalakan ini kepada seluruh masyarakat Jakarta agar emisi dari sumber bergerak ini dapat dikendalikan," sambungnya.

Asep menghimbau kepada seluruh masyarakat Jakarta agar segera melakukan uji emisi di bengkel-bengkel yang memiliki alat uji emisi sudah memenuhi standar.

Baca Juga: 5 Lokasi Razia Uji Emisi Motor di Jakarta, Gak Lolos Siap-siap Setor Rp 500 Ribu 

"Di Jakarta sudah ada 341 bengkel mobil, dan 108 bengkel motor yang siap melaksanakan uji emisi ini," lanjut Asep.

Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.