KNKT Jelaskan Masalah Rangka Motor Keropos Bisa Berbahaya dan Jangan Disepelekan

Didit Abdillah - Selasa, 29 Agustus 2023 | 12:51 WIB
Ardhana Adwitiya/MOTOR Plus-online
Rangka eSAF Honda

MOTOR Plus-Online.com - Kondisi rangka motor yang keropos seperti yang banyak ditemukan di sasis eSAF motor Honda memang membahayakan. 

Peran rangka pada motor adalah menopang semua komponen motor, termasuk pengendaranya. 

Tak pelak jika kondisinya keropos, karatan dan mudah patah membuat keamanan pada motor menurun jauh. 

"Beberapa penjelasan mengenai rangka keropos ini memang ada benarnya, karena yang namanya rangka pasti juga berkaitan dengan kondisi keamanan dan keselamatan," ujar Joel Deksa Mastana, Advisor Teknik Roda Dua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). 

"Memang banyak spesialis rangka yang bisa memperbaiki, tapi tentu kualitas dan tingkat kekokohannya tidak akan sama lagi seperti yang dari pabrik," lanjutnya. 

"Karena yang namanya sambungan pada rangka yang keropos, pasti tidak akan lama awetnya, apalagi yang cuma sekadar menghilangkan karat," Joel menambahkan. 

Belum lagi karakter dari rangka yang diperbaiki dan modifikasi, tentu berpengaruh pada kekuatannya dalam menopang bobot. 

Maka dari itu paling aman adalah mengganti baru rangka jika memang ada indikasi karatan, keropos dan hendak patah. 

"Pasti akan mudah jika mengganti baru, tapi yang namanya rangka pasti tidak akan semudah mengganti ban atau kampas rem," Joel menuturkan. 

Baca Juga: Bocoran Motor Matic Honda Launching Siang Ini, Pakai Rangka eSAF?

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.