Isu Motor Masuk Jalan Tol Merebak Lagi, Tak Hanya Moge Motor Biasa Boleh Lewat

Yuka Samudera - Kamis, 9 November 2023 | 07:40 WIB
Dok. Yamaha
ILUSTRASI motor lewat jalan tol Bali Mandara. Wacana motor bisa masuk jalan tol kembali merebak, tak hanya moge motor biasa pun boleh lewat.

MOTOR Plus-Online.com - Lagi-lagi wacana motor yang bisa akses jalan tol kembali muncul, kali motor biasa dan moge disarankan bisa masuk.

Sempat ada wacana motor masuk jalan tol yang ramai beberapa saat lalu, namun hanya motor gede alias moge yang direncanakan untuk akses.

Namun sekarang kembali muncul wacana motor boleh masuk jalan tol, kali ini semua jenis motor diharapkan bisa lewat.

Artinya tak hanya motor gede alias moge saja, motor dengan mesin kecil seperti di bawah 250 cc pun diperbolehkan.

Wacana ini diutarakan oleh Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo.

Mengutip Kompas.com, wacana jalur khusus sepeda motor di jalan tol khususnya ruas Tol Jagorawi hingga Cipularang kembali muncul.

Menurutnya, banyak pekerja di wilayah DKI Jakarta yang tinggal di kawasan penyanggah seperti Bogor, Cibubur, hingga Cibinong.

Sedangkan akses jalan ke Ibu Kota diangap"cukup jauh dan berbahaya.

Baca Juga: Emak-emak Naik Motor Lewat Jalan Tol Sambil Lawan Arah di Makassar, Polisi Langsung Cari Identitasnya

"Ini bukan untuk moge (motor gede), tapi seluruh jenis motor. Moge hanya boleh pada hari Sabtu dan Minggu, sisanya (motor yang bisa mengakses jalan tol) ialah para pekerja yang belum bisa membeli mobil," ujarnya yang juga Ketua MPR RI ini.

"Kita gagas karena melihat anak-anak muda yang baru selesai sekolah, baru mendapatkan pekerjaan sehingga belum bisa membeli rumah apalagi mobil. Namun, tinggalnya di pinggir DKI Jakarta," tambahnya.

Penulis : Yuka Samudera
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular