Awas Cuaca Panas di Pulau Jawa Sampai Malam Tahun Baru, Bikers Persiapkan Ini

Didit Abdillah - Rabu, 27 Desember 2023 | 12:00 WIB
Dok Kompas.com
Cuaca panas masih menjadi teman bagi bikers di siang hari sampai malam tahun baru. Lakukan persiapan ini.

MOTOR Plus-online.com - Meski bulan Desember diprediksi sudah masuk musim hujan, tetapi cuaca panas masih menemani aktivitas masyarakat. 

Seperti musim pancaroba, seperti panas di beberapa hari, lalu akan hujan deras sepanjang hari keesokannya. 

Khususnya bagi Pulau Jawa yang diprediksi oleh Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masih akan memiliki cuaca panas sampai malam tahun baru (31/12/2023). 

Curah hujan akan mulai meningkat mulai dari 1 Januari 2024 selama sepekan. 

Semua Provinsi di Pulau Jawa, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I.Yogyakarta, dan Jawa Timur akan mencapai suhu udara 34-35 derajat celcius. 

Menurut BMKG, aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial yang masih aktif menjadi salah satu pemicu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

Gelombang ini diprakirakan aktif dalam sepekan ke depan di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Papua.

Gelombang atmosfer Kelvin juga aktif di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, sebagian besar Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

"Faktor-faktor tersebut mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut," tulis BMKG, Selasa (26/12/2023).

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Akan Terjadi di DKI Jakarta Menurut Prediksi BMKG, Pemotor Wajib Waspada

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular