Pakar Kasih Paham Knalpot Racing dan Knalpot Brong Itu Berbeda, Tak Bisa Asal Tilang

Didit Abdillah - Jumat, 19 Januari 2024 | 14:34 WIB
Dok. Shutterstock
Ilustrasi knalpot racing. Awas, motor pasang knalpot racing bisa enggak lolos uji emisi, serius nih lihat penjelasan lengkapnya.

MOTOR Plus-Online.com - Menjelang kampanye terbuka untuk pemilu 2024, penggunaan knalpot brong kini semakin disorot. 

Banyak daerah-daerah yang sudah melakukan razia knalpot brong

Bahkan sampai melakukan sosialisasi ke toko-toko aksesoris otomotif untuk tidak menjual knalpot brong

Dengan tujuan menciptakan lingkungan yang nyaman dan terbebas dari polusi suara. 

Namun yang harus diperhatikan juga ada knalpot racing yang ikut disita, padahal secara kualitas dan jenis, knalpot racing dan knalpot brong itu berbeda. 

"Memang ada kemiripan dari knalpot racing dan knalpot brong, tetapi knalpot racing sudah didesain dengan perhitungan yang matang," ujar Rio Tan, Racing Manager PT. Enwan Multi Partindo selaku distributor knalpot Proliner dan R9. 

Dok. Polres Metro Tangerang
ilustrasi razia knalpot brong

"Baik itu dari ukuran pipanya, silencernya, sekat-sekatnya perhitungan matang untuk meningkatkan performa motor yang persisi," lanjutnya kala dihubungi Motor Plus. 

Rio Tan menilai kalau produk-produk knalpot racing dari Proliner dan produsen lainnya yang tergabung dalam AKSI (Asosiasi Knalpot Seluruh Indonesia) sudah membuat produk sesuai dengan standar minimal yang ditetapkan pemerintah dan kepolisian. 

"Kalau memang knalpot racing itu tidak akan digunakan di jalan raya, karena ketentuannya itu hanya untuk kompetisi," Rio Tan menjelaskan. 

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular