Bikin Paham Apaan Tuh Tes Shakedown MotoGP 2024 Sepang, Tahun Ini Beda Dengan Kemarin

Joni Lono Mulia - Rabu, 31 Januari 2024 | 22:30 WIB
Red Bull GasGas Tech3, X/Rins42
Tes shakedown MotoGP 2024 Sepang tak hanya khusus pembalap debutan Pedro Acosta (kiri) dan juga test rider, tapi juga pembalap reguler MotoGP 2024 di antaranya Alex Rins (kanan)

MOTOR Plus-online.com - MotoGP 2024 memang baru mulai bulan Maret mendatang tapi segala persiapan sudah dimulai terhitung besok Kamis (1/2/2024) dengan tes shakedown MotoGP 2024 di sirkuit Sepang, Malaysia.

Lantas apakah itu tes shakedown sih? Apa bedanya dengan tes pramusim MotoGP 2024 Sepang?

Tes shakedown ini dikeluarkan pihak FIM dan Dorna Sports sebagai fasilitas bagi skuat MotoGP pabrikan melakukan persiapan tes motor MotoGP terbaru.

Tes shakedown ini sebelumnya terbatas hanya untuk mereka yang berstatus pembalap penguji atau test rider plus pembalap debutan atau rookie of the year.

Mereka dibolehkan menjajal dan beradaptasi dengan motor MotoGP selama beberapa hari.

Bagi test rider tentunya jadi semacam setup awal sehingga saat pembalap reguler yang melanjutkan tes motor MotoGP terbaru di tes pramusim MotoGP tidak perlu kaget atau terbata-bata lagi.

Pasalnya, test rider sudah melakukan setup dasar sehingga pembalap reguler tinggal cukup menyesuaikan saja.

Kemudian rookie of the year jadi lebih dapat gambaran sesungguhnya motor MotoGP yang bakal dijajalnya di tes pramusim MotoGP.

Setidaknya pembalap debutan jadi makin bertambah jam terbang di atas motor MotoGP yang notabene baru dilakukan beberapa saat di tes MotoGP Valencia lalu.

Baca Juga: Sirkuit Favorit Valentino Rossi Terancam Dihapus Dari Jadwal MotoGP 2024

Source : Berbagai sumber
Penulis : Joni Lono Mulia
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular