Knalpot Aftermarket Akan Berlogo SNI Agar Tidak Dicap Knalpot Brong

Didit Abdillah - Rabu, 7 Februari 2024 | 15:05 WIB
R9 Exhaust
Knalpot aftermarket harus punya logo SNI agar tidak dicap knalpot brong.

MOTOR Plus-online.com - Razia knalpot brong yang semakin marak tanpa standar pengecekan yang jelas tentu saja berdampak pada industri knalpot di Indonesia. 

Banyak produk knalpot aftermarket yang disita dari peredaran dengan alasan dan disama ratakan sebagai knalpot brong

Hingga akhirnya industri knalpot ini mulai pincang sampai banyak produsen knalpot yang harus menghentikan karyawannya karena terdampak penjualan yang menurun drastis. 

Sampai pada (6/2/2024), Asosiasi Knalpot Seluruh Indonesia (AKSI) pun bertemu dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah (Kemenkop UKM) di Jakarta. 

Salah satunya menyampaikan agar knalpot punya standar SNI yang tercatat secara resmi, sehingga industri otomotif bisa tumbuh dan terkendali. 

Bukan hanya sekadar knalpot yang memekakan telinga tanpa ada standar desibel yang jelas. 

Juga penggunaan knalpot SNI juga bebas tilang, layaknya penggunaan helm saat ini sebagai standar keamanan di jalan raya. 

“Kami berharap standardisasi atau Standar Nasional Indonesia (SNI) dan regulasi terkait knalpot segera diterbitkan untuk mendukung industri knalpot lokal dan UMKM semakin berkembang,” kata Ketua AKSI Asep Hendro saat beraudiensi dengan MenKopUKM. 

Jika SNI knalpot telah terbit AKSI menyatakan siap memenuhi standardisasi dan regulasi yang menjamin produk knalpot memenuhi SNI.

Baca Juga: 15 Ribu Orang Dirumahkan Imbas Razia Knalpot Brong, Ini Kata Ketua AKSI

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular