Dilihat Langsung Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono Rem ABS Motor Berfungsi di Jalan Rusak

Ardhana Adwitiya - Jumat, 8 Maret 2024 | 07:30 WIB
Kolase Rizky/GridOto dan Raspati/Otomotif
Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono (kiri) dan simulasi motor rem ABS melewati jalan rusak (kanan),

MOTOR Plus-online.com - Acara Forum Group Discussion (FGD) tentang rem ABS motor telah dilangsungkan Otomotif Group di Smesco, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2024) kemarin.

Acara itu dihadiri banyak orang penting, salah satunya Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Dr. Ir. Soerjanto Tjahjono.

Soerjanto mendukung penerapan teknologi dalam keselamatan berkendara seperti fitur pengereman ABS.

Namun tak lupa diikuti edukasi yang masif tentang informasi teknis dan tata cara pengereman yang sesuai demi memitigasi risiko kecelakaan di jalan raya.

“Saat ini penerapan ABS memang sifatnya masih sukarela, namun teknologi ini sangat bermanfaat dan dapat membantu pengendara saat pengereman mendadak," ujar Soerjanto.

"Kami senantiasa mendorong kajian mendalam terkait ABS ini dan teknologi lainnya yang diterapkan pada sepeda motor dengan mempertimbangkan kondisi unik Indonesia,” lanjut Ketua KNKT itu.

Otomotif Group juga membuat demonstrasi pengereman ABS dan non-ABS.

Menggunakan motor Yamaha Aerox dengan rider Joel Deksa Mastana selaku Direktur Mobilitas Sepeda Motor Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Baca Juga: Ahli Universitas Indonesia Tegaskan Wajib ABS di Motor Bisa Kurangi Korban Tewas Akibat Kecelakaan

Disiapkan dua area pengetesan, yakni simulasi jalan licin dan jalan rusak.

Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular