Pengguna Motor Sport Wajib Cek Kondisi Rantai Sebelum Balik Libur Lebaran Pakai Cairan Seharga Rp 50 Ribuan

Didit Abdillah - Sabtu, 13 April 2024 | 08:02 WIB
motorcycle.com
Ilustrasi membersihkan rantai dengan chain lube

MOTOR Plus-Online.com - Motor manual seperti motor sport dan motor bebek tentu punya satu maintenance atau perawatan wajib, khususnya pada bagian rantai

Di musim libur lebaran, motor yang digunakan menempuh jarak jauh harus dalam kondisi prima sebagai wujud tindakan preventif untuk menghindari kejadian tidak terduga. 

Salah satunya rantai copot atau kendur di tengah perjalanan karena kondisinya sudah aus atau tidak terlumasi dengan sempurna. 

Dalam melumasi motor, rantai harus terlumasi dengan sempurna untuk kondisinya prima. 

Mekanik dan spesialias rantai pun selalu menyarankan untuk menggunakan pelumas rantai atau chain lube yang sudah banyak dijual. 

Chain lube memiliki formula khusus untuk menhadapi panas antar gesekan gir dan rantai, sehingga bisa mengurangi risiko rantau cepat aus. 

DID punya chain cleaner dan chain lube untuk membersihkan rantai motor

"Bahkan sifatnya regeneratif karena semakin banyak terkena gesekan, efek positifnya akan semakin terasa," kata Rialdy Fasha, Technical Engineer Motul Indonesia. 

"Dalam situasi digunakan rutin setiap hari, bisa awet sampai sekitar satu bulan lebih," lanjutnya. 

Rialdy juga menanggapi banyaknya pengguna motor manual yang melumasi rantai menggunakan oli. 

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular