Find Us On Social Media :

Punya Banyak Kendaraan, Begini Cara Hitung Besaran Pajak Progresif

By Erwan Hartawan, Minggu, 22 Agustus 2021 | 19:30 WIB
Ilustrasi cara menghitung pajak progresif (Kompas.com)

MOTOR Plus-Online.com - Siapa nih yang punya banyak kendaraan di rumah.

Sayangnya meski punya banyak kendaraan, belum semua pemilik kendaraan tau cara menghitung pajak progresif.

Padahal pajak proresif merupakan tarif pemungutan pajak dengan persentase yang didasarkan pada jumlah atau kuantitas objek pajak dan juga berdasarkan harga atau nilai objek pajak.

Pajak progresif akan diterapkan pada kendaraan bermotor yang memiliki kesamaan nama pemilik dengan alamat tempat tinggal pemilik.

Jadi, besaran biaya pajak akan mengalami peningkatan seiring bertambahnya jumlah kendaraan sehingga kendaraan pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya dikenai tarif berbeda.

Misalnya, pemilik menjual motor ke orang lain, namun tidak melakukan balik nama kepemilikan mobil tersebut, maka pajak progresif akan ditanggungkan pada pemilik lama karena nama dan alamat tempat tinggal pemilik motor tersebut masih sama.

Artinya, jika pemilik kendaraan menjual kendaraan bermotor kepada orang lain, sebaiknya segera melakukan proses balik nama sehingga Anda tidak lagi membayar pajak progresif untuk kendaraan tersebut.

Menurut pasal 6 Undang-Undang Nomor 28 tahun 2009, ketentuan tarif pajak progresif bagi kendaraan bermotor ditetapkan sebagai berikut:

Baca Juga: Buat Patokan Nego Harga Saat Beli Motor Bekas, Simak Nih Biaya Balik Nama Kendaraan di Jakarta

Baca Juga: Cepetan Bayar Pajak Kendaraan Diskon 50 Persen, Ini Keringanan Lainnya