Find Us On Social Media :

Bikers Yang Mau Riding Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2023 Waspada, BPBD Ingatkan Cuaca Ekstrem

By Indra Fikri, Rabu, 21 Desember 2022 | 14:10 WIB
Ilustrasi pemotor kehujanan. (Dok MOTOR Plus)

MOTOR Plus-online.com - Buat bikers yang mau riding saat liburan Natal dan Tahun Baru 2023 wajib waspada, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ingatkan ada cuaca ekstrem.

BPBD DKI Jakarta mengingatkan untuk warga di Ibu Kota untuk waspada terhadap cuaca ekstrem saat periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Peringatan tersebut diungkapkan oleh Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji.

Isnawa mengungkapkan, hal tersebut berdasarkan perkembangan kondisi cuaca yang dipantau Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta erdasarkan data analisis cuaca terbaru.

Menurut Isnawa, dalam periode sepekan mendatang terdapat potensi signifikan dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia khususnya selama periode Nataru 2022/2023.

"Kondisi dinamika atmosfer yang dapat memicu peningkatan curah hujan tersebut antara lain, peningkatan aktivitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah dan selatan," ucap Isnawa.

Isnawa melanjutkan, hal ini juga membuat intensifikasi seruakan dingin Asia yang dapat meningkatkan kecepatan angin permukaan di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan.

Serta meningkatkan potensi awan hujan di sekitar Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara.

Baca Juga: Bikers Rayakan Tahun Baru Di Jakarta Ingat, Ada Car Free Night Sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin

Kemudian, adanya indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di sekitar wilayah perairan selatan Indonesia yang dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan konvektif yang cukup masif dan berpotensi menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi, peningkatan kecepatan angin permukaan, serta peningkatan tinggi gelombang di sekitarnya.

"Terpantaunya beberapa aktivitas gelombang atmosfer, yaitu fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang terbentuk bersamaan dengan gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial," sambungnya.