Husqvarna Nuda 900, Kencan Singkat Sama Blasteran Itali-Jerman

Motorplus - Rabu, 4 April 2012 | 10:20 WIB

Desain futuristik di detail, khas motor Eropa
Dalam lingkup global, kehadiran Nuda 900 cukup bikin heboh rakyat bikers. Motor ini disambut antusias secara desain juga performa mesin. Makanya .

ÔÇ£Kelahirannya cukup unik, jadi  bukti nyata kerjasama BMW dan Husqvarna. Duet nyata Italia dan Jerman,ÔÇØ buka Duncan MacRae, direktur Husqvarna Indonesia yang sengaja mengundang Em-Plus ke Bali (17/3) lalu. Di Indonesia kehadirannya juga disambut baik. Baru turun beberapa unit di Indonesia langsung laris dengan banderol Rp 266.500.000.

Promosi Duncan, motor ini sangat fleksibel. Diajak galak ala speedlovers atau diajak smooth khasnya peturing jauh juga no problem. Optional di sisi ergonomi juga dipikirkan. Jok standar atau landai disediakan mengikuti ukuran tinggi penyemplak. ÔÇ£Sok bisa setel tinggi-rendah, back rest, saddle bag juga winshield,ÔÇØ jelas Duncan lagi.

Spidonya gampang dipantau, design follow function
Em-plus  dengan postur 175 cm, sudah nyaman dengan tampilan standar motor ini. Menjajalnya lewat short ride di kantor mereka di Jl. By Pass Ngurah Rai 108X menuju pantai Geger Nusa Dua, sekitar 1 jam perjalanan.

Tak seperti motor Italia yang cenderung kasar, Nuda terasa halus. Mesinnya milik BMW F800 R yang dipoles ulang tim Husqvarna  dan enginer Jerman dengan bore up sekitar 100 cc. Kapasitas F800 asalnya 798 jadi 898 cc, menggunakan forged piston.

Didukung setang seher dan balancer, kem serta katup lebih gede. Mereka juga memperbesar lubang intake dan exaust 1 mm. Lubang isap kini 33 mm dan buang 28,5 mm.

Sebelum dijajal, pihak Husqy juga memberi arahan kalau motor ini bisa  mengakomodir situasi di jalanan. Misalnya punya setelan kondisi rain (hujan) untuk kondisi jalan yang licin.

Supermoto modern, naked sesuai namanya, Nuda
 
Tenaga yang dihasilkan cukup impresif, 105 dk dan torsi 100 Nm dalam getaran yang minimal. Untuk motor berbobot 175 kg, pastinya lincah. Saat parkir sebentar di pantai Geger Nusa Dua, ada bule Oztrali nanyain gimana rasanya, Em-Plus menjawab sekenanya, ÔÇØItÔÇÖs be your passport to a whole new world of riding preasure.ÔÇØ Si bulepun ngeh dan dapat gambaran ikhwal motor ini.

Efisiensi bahan bakarnya juga sangat reasonable. Kapasitas tangki 13 liter untuk jarak tempuh maksimum 250 km. Oh ya, Nuda ini dibuat dalam dua versi, Nuda 900 dan Nuda 900 R. Ada beda sedikit antara keduanya, Nuda 900 pakai rem Brembo 4 piston. Sedang 900 hanya 2 piston. Tapi, cakram yang dipakai sama-sama berdiameter 320 mm.

Tak cuma itu, Nuda 900 R dipasangi sok Sachs 48 mm full adjustable plus sok Ohlins. Berfitur full adjustable compression, rebound  dan pre load adjustment.

Tampilan tinggi joknya juga beda, Nuda 900R 875 mm, lebih tinggi ketimbang Nuda 900 yang 860 mm.

Di sisi desain, ya sesuai namanya. Nuda artinya telanjang dalam bahasa Italia. Motor naked bike, donÔÇÖt hide their engine behind plastic, body kits everything in on show. Begitu kira-kira bahasa kulonnya, he..he..

Harus diakui estetika desain bodyworknya memang apik. Didesain langsung oleh desainer Biandronno dan tim dari Centro Style. Motor yang seksi dengan sinergi antarkomponen selaras, tapi tetap mengikuti kaidah design follow function.

Detailnya juga kreatif, sepatbor depan misalnya, dibuat enggak umum menyerupai topi meruncing sangat futuristik. ÔÇØBerimajinasi sedikit dong.. ini ibarat celana G-string cewek, seksi khan?ÔÇØ seloroh Duncan.

Cocok dengan namanya, Nuda! (motorplus-online.com) 


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular