Pasang Tuas Rem RX-King di Jupiter-Z, Lebih Panjang Cegah Nyelonong!

Motorplus - Minggu, 29 April 2012 | 10:11 WIB


 Lebih panjang 3 cm agar berhenti sempurna
Beberapa pengendara Yamaha Jupiter-Z mengeluhkan kalau rem belakangnya masih suka nyelonong walau pedal rem sudah diinjak. Anggapannya, karena kampas rem tipis atau sudah aus.

Tapi, gejala itu kembali terasa meski kampas rem sudah diganti baru. ÔÇ£Kampas remnya baru, tapi motornya tetap nyelonong. Padahal pedal remnya sudah diinjak,ÔÇØ Buka Rudi Hansen, pemilik Yamaha Jupiter-Z tahun 2007 yang tinggal di Ciledug, Tangerang.

Selidik punya selidik, ternyata penyakitnya bukan di kampas rem. Tapi, di paha ayam alias tuas rem dari teromol. Tuas rem ukurannya pendek. Jadi, ketika pedal rem ditekan, perlu tenaga ekstra dan kadang motor tetap ogah berhenti.

Ada solusi buat atasi kendala ini. Yap, agar kinerja rem belakang Jupiter-Z maksimal dan tidak perlu tenaga lebih ketika menekan rem. Yaitu, cukup ganti dengan dengan paha ayam atau tuas rem milik Yamaha RX-King.

Jika diukur, panjang paha ayam milik Jupiter-Z tahun 2007 hanya 9 cm. Sedangkan tuas rem RX-King 12 cm. ÔÇ£Logikanya, kalo paha ayamnya pendek butuh tenaga ketika harus menginjak rem. Dan, itu pun masih tetap nyelonong. Tapi jika paha ayam lebih panjang, pedal rem di tekan sedikit saja motor sudah bisa berhenti,ÔÇØ cerita Rudi.

Di pasaran, part orisinal RX-King dibanderol Rp 15 ribuan. ÔÇ£Kalau yang bukan orisinal, cuma Rp 10 ribu,ÔÇØ tutup Kiki dari Victori Motor di Jl. Arteri Kelapa Dua, No. 6B, Jakarta Barat. Cara penggantiannya pun mudah. Bisa dilakukan sendiri di rumah. Tinggal lepas tuas rem lama dan pasang yang baru!  (motorplus-online.com)  

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular