Upgrade Kaki-Kaki Motor Sport, Bikin Kekar! (Bag.2- Habis)

Motorplus - Senin, 28 Mei 2012 | 16:06 WIB

Sok depan dan arm, perhatikan kenyamanan
Yuk lanjut lagi ngomongin modifikasi kaki-kaki yang berasal dari limbah moge dan bolt on yang saat ini sudah banyak di pasaran. Pada tulisan sebelumnya sudah disinggung soal pemilihan pelek. Kali ini merambah ke komponen yang lain. Yaitu area peredam kejut.

Sok & Arm Limbah Moge
Ketika memilih kaki-kaki limbah moge, ada beberapa hal yang musti diperhatikan. Sebaiknya pilih sesuaikan pilihan arm dengan kontruksi sama dengan sebelumnya. Misal, jika tadinya mengusung tipe A baikya juga pilih yang sama. Jadi, tidak banyak ubahan.

Empat hal juga kudu diperhatikan ketika aplikasi sok depan limbah. Yaitu; sudut kemiringan, lebar segitiga, diameter sok dan rebound. ÔÇ£Tujuan dari empat hal itu adalah demi kenyamanan dan safety motor,ÔÇØ tegas Ari dari Baru Motor Sport.

Selain itu, dudukan kunci setang tidak sama dengan aslinya. ÔÇ£Agar pas, mesti diakali. Membuat dudukan kunci setang baru dengan cara dibushing. Jadi tetap pakai kunci demi keamanan,ÔÇØ ungkap Steven dari Layz Motor di Jl. Pesanggrahan No.8, Jakarta Barat.

Buat arm moge Jepang, dijual Rp 3 - 8 jutaan. Upside down yang juga comotan motor Jepang dilepas Rp 8,5 - 15 jutaan.

Tinggal pasang berbahan aluminium alloy
Arm Bolt On
Selain limbah moge, saat ini sudah ada inovasi baru. Yaitu, arm model bolt on yang ditawarkan di pasaran. Misalnya, merek Power. Bahannya, terbuat dari aluminium alloy. Keunggulannya arm ini tidak harus mengubah dudukan.

Dan menariknya, model arm ini juga mengadopsi model mono arm alias pro arm. Pastinya, membuat tampilan lebih berbeda. Namun, ketersedian part yang terbatas. Jadi, jika stok barangnya habis, ya kudu menunggu.

ÔÇ£Iya, banyak permintaan dari konsumen. Karena produksinya terbatas, maka kalo barangnya kosong, harus nunggu 1-2 minggu,ÔÇØ kata Vendi dari Race Motor. Saat ini, hanya Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha V-ixion yang aplikasi arm model ini. Harganya arm buat Ninja 250R, Rp 6,5 juta. V-ixion, Rp 5,5 Juta (motorplus-online.com)  

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular