Pilihan Kursus Mekanik Non Pabrikan, Ada Banyak!

Motorplus - Sabtu, 21 Juli 2012 | 12:00 WIB


Selain pabrikan motor atau sekolah kejuruan yang menyelengarakan pendidikan seputar mekanik, di luar juga banyak tempat kursus calon montir yang bisa jadi rujukan para calon siswanya. Bahkan tempat kursus mekanik skala besar dan ternama. Di antarannya memiliki cabang di beberapa wilayah di Tanah Air. Sehingga memudahkan calon terdidik.

Meski memiliki banyak cabang, bukan berarti materi yang diajarkan ke calon siswa berbeda. Apalagi tempat kursus mekanik memiliki moto yang kuat untuk membangun jaringan. Sehingga para lulusannya memiliki skill dan kemampuan setara dengan pendidikan formal atau lulusan pabrikan motor. Berikut ini kurikulum dan paket yang ditawarkan di masing-masing tempat pendidikan calon mekanik. Semoga bermanfaat!.

PPKD

Galau kerap dirasakan lulusan SMA dan SMK yang tak bisa lanjut ke jenjang kuliah. Makanya sumber BPS Provinsi Jakarta 2010, tercatat ada 518.182 jiwa belum bekerja. Dan biar nggak masuk dalam angka itu, mending ikut program di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD).

ÔÇ£Fungsi PPKD untuk menampung masyarakat yang belum bekerja dan diajarkan serta dikembangkan skillnya. Syaratanya calon peserta mesti tes administrasi, tes pengetahuan umum, tes wawancara dan yang pasti punya KTP DKI Jakarta,ÔÇØ buka H. Anwir Ismail, SE. MM. Kepala PPKD Jakarta Barat.

Selain bebas biaya alias gratis, PPKD di Jl. Kamal Raya, No. 2, Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, punya program kejuruan teknik sepeda motor ditunjang instruktur professional . Metode pelatihan diberikan selama 2 bulan 40 hari, pukul 08.00~15.00 WIB setiap hari kerja, dengan mengaplikasi training by doing.

IMMI

Tempat kursus montir IMMI ingin mengajak para calon dan siswanya mandiri dan professional. Sikap mandiri dan professional ditunjukkan dari kurikulum yang disodorkan.

ÔÇ£Kita punya 10 tahapan materi, di antaranya pengenalan motor secara umum, tool-kit, kelistrikan, karburator & pompa oli, servis, CVT matik, injeksi, pra ujian, workshop management dan ujian akhir. Saat praktik atau ujian tiap siswa dapat mempelajari 1 motor dari pengajar,ÔÇØ ucap S. Jonathan Valentino, GM Institut Mekanik Motor Indonesia (IMMI) di Jl. Raya Cilengsi Jonggol, KM.8, Bogor.

IMMI sendiri ada di 3 kota Cileungsi-Bogor, Jogja dan Malang. ÔÇ£Untuk tahun ini, calon siswa dapat diskon daftar 50 persen. Khusus IMMI cabang Cileungsi ada beasiswa buat lulusan 2010-2011 dengan ketentuan khusus.

HMMC
Menciptaan lapangan kerja lebih utama timbang cari kerja. Makanya usaha bengkel motor merupakan peluang menggiurkan saat ini. Tempat kursus mekanik dan modifikasi balap sekelas Hendriansyah Margo Motor Center (HMMC) memberikan wadah berupa kursus mekanik yang profesional dan terpercaya.

Sebagai wadah pendidikan non formal yang berisikan tentang pengetahuan, tata cara dan proses perbaikan motor, HMMC berusaha menjadikan peserta didik jadi mekanik handal.

ÔÇ£Materinya mulai dari paket kursus mekanik, paket kursus modifikasi balap, paket kursus standar, paket kursus sport standar, paket kursus mesin bubut dasar dan paket kursus mesin bubut modif,ÔÇØ ujar Rinta, sekretaris HMMC. Fasilitas juga lengkap karena setiap siswa ditangani satu instruktur.

HMTC
HMTC punya 5 cabang di Jakarta, Depok, Bandung, Jogja dan Surabaya, dengan materi yang diajarkan seperti teori, praktik, pengenalan tool-kit dan manajemen bengkel.

Soal kurikulum, HMTC menawarkan materi pendidikan yang beda dari sebelumnya. ÔÇ£Sekarang siswa dapat materi perbagian motor, di mana bila mereka sudah paham langsung diuji sebelum ke ujian akhir,ÔÇØ ucap Hartomo pemilik Hartomo Mechanic Training Center (HMTC) yang bisa dikontek di (021) 877744507,4891176.

Setiap cabang HMTC tersedia 20 unit motor termasuk Ninja 250R dan injeksi. Mau lebih komplet, bisa ke cabang Depok karena ada lebih dari 20 motor. ÔÇ£Ada diskon hingga 50% bila daftar sebelum Lebaran,ÔÇØ ingat Hartomo.

MR. MONTIR
Merupakan unit usaha franchise PT Techno Motor Indonesia (TMI). Farid, Survey & Setup Manager TMI bilang tahun ini Mr. Montir mengadakan program beasiswa bagi pelajar SMK. Meski baru tahun ini, namun program training bagi lulusan SMK sudah ada 6 angkatan. Makanya bagi siswa SMK ini merupakan kesempatan emas. Apalagi jika memang senang motor.

ÔÇ£Tujuan program ini selain untuk menekan jumlah pengangguran, juga bentuk apresiasi kepada siswa berprestasi. Kami ambil rangking 10 besar,ÔÇØ imbuh Farid di The Capitol Building, Jl. Letjen. S. Parman, Slipi, Jakarta Barat. Telepon (021) 53675700.

Mr.Montir melihat prestasi langsung saat siswa masih tercatat sebagai pelajar SMK.

KIK'S PRIVATE MODIFIKASI
Pasca lulus SMA/K ada saja siswa yang ikut kursus atau pelatihan di luar sekolah. Seperti di KikÔÇÖs Private modifikasi milik Agus Tri Pamungkas, yang mengkhususkan peserta didiknya dapat membuat mesin dengan karakter racing.

Untuk jadi peserta didik, calon siswa hanya perlu melampirkan fotokopi KTP, foto 3X4 2 lembar dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 3,5 juta. Mereka mendapat fasilitas penginapan, modul, alat tulis dan tool-kit lengkap saat pendidikan.

ÔÇ£Selain itu, peserta didik rata-rata juga sudah pernah membongkar mesin. Lalu di sini ingin hanya mempertajam kemampuan yang sebelumnya sudah dimiliknya,ÔÇØ ungkap Kiki sapaan akrab Agus yang bisa dikontak di nomor HP 08179445600. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular