Nih Solusi Lampu Sein LED Enggak Mau Kedip

Motorplus - Rabu, 17 Oktober 2012 | 11:31 WIB


Banyak yang pasang bohlam sein model LED. Namun enggak mau kedip. Tak ayal pemilik motor bingung. Menurut Wira Sentosa dari SACS spesialis peramu lampu LED memang bisa begitu. Apa sebabnya?

Karena beda watt bohlam LED dan bohlam biasa sangat jauh. ÔÇ£Satu LED besar, hanya 0,007 ~ 0,008 watt. Kalau pakai 5 jumlahnya masih di jauh bawah 1 bohlam sein asli yang 5 watt.

ÔÇ£Karena sangat kecil, akibatnya flasher tak bisa mengirim sekaligus membagi arus. Membuat lampu sein tidak bisa berkedip,ÔÇØ ucap pria dari Jl. Raya Pondok Gede, Jakarta Timur.

Saran Wira, biar lampu sein model LED berkedip normal, pilihannya ada 2. Pertama, ganti flasher khusus buat lampu LED yang dijual di pasaran. Cara lain kabel positif-negatif ke lampu sein dikasih beban lagi. Sehingga setrum ke lampu LED tetap tersedia tanpa mengurangi beban arus ke sein.

Tambah beban di kabel sein masih bisa pakai flasher asli dan tak harus ganti flasher khusus LED. Sebab arus listrik dari flasher leih dulu ke beban tambahan, sebelum lebihan arus dialirkan ke lampu LED. Makanya flasher masih bisa bikin lampu sein berkedip.


ÔÇ£Tambah beban bisa pakai bohlam asli di tiap kabel sein. Paling gampang dari kabel lampu sein dicabang soket lampu LED. Lalu lampu sein asli bisa diumpetkan di cover bodi. Biar aman, soket lampu sein asli diamankan pakai isolasi,ÔÇØ wanti Wira yang juga jual flasher khusus LED untuk semua motor seharga Rp 25 ribuan. Ayo pilih mana?  (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular