Kawasaki Ninja 250R, Berani Buka Baju

Motorplus - Selasa, 6 November 2012 | 11:18 WIB


Semua sudah tahu. Kawasaki Ninja 250R asli pabrik menggunakan baju alias fairing. Tapi, di Ninja 250R milik Syaiful ini berani dibikin telanjang alias naked.

Ditanya soal konsep motor ini, Syaiful hanya menjawab enteng. ÔÇ£Biasalah, ini hasil mengkhayal sebelum tidur,ÔÇØ jawab dia sambil senyum. Tapi bro, tidurnya mimpi basah gak?

Dari kesan pertama melihat motor ini simpel, minimalis tapi berotot. Makanya, walau sepintas motor ini tampak street fighter biasa aja, tapi coba tengok dengan teliti. Baru kelihatan ini bukan sekadar street fighter abal-abal. Dengan basic motor yang sudah 250 cc, dirasa cukup mumpuni dengan konsep yang diusung.


Untuk mendukung tampilan dan kehandalan kestabilan, Ipul mengganti kaki-kakinya. ÔÇ£Pakai punya motor gede biar lebih maksimal sesuai street fighter yang diusung,ÔÇØ pede Syaiful yang nengok kalau dipanggil Bang Ipul ini.

Untuk memasang full set kaki moge ini, Ipul percaya pada Iim Van Temon, mekanik dari Karina Motor Sport (KMS). KMS berlokasi di Komplek Taman Galaxy Jl. Nusa Indah Blok U59, Bekasi Barat.

Ipul sengaja mendatangkan limbah moge ini dari USA. Dan langsung diboyong ke bengkel KMS. Tak pelak, beberapa penyesuain untuk pasang kaki moge ini wajib dilakukan. ÔÇ£Untuk upside down GSX-R1000 ini perlu dibubut. Maksudnya disesuaikan as komstir Ninja 250R,ÔÇØ kata Iim sang mekanik.


Keuntungan dialami saat proses pasang roda belakang. ÔÇ£Seting roda belakang tidak rumit, mirip motor lain karena diameter as arm GSX-R1000 dan diameter as pelek Yamaha R1 yang diaplikasi sama ukurannya. Jadi, tidak perlu bubut, hanya menyesuaikan bushing kiri dan kanan agar center,ÔÇØ senang Ipul.

Tapi, perlu trik lain untuk mengakali suspensi belakang. ÔÇ£Penyesuaian linkage dan connecting linkage harus dites beberapa kali. Ini agar monosoknya lebih nyaman saat dipakai,ÔÇØ jelas bapak satu anak ini.

Katany harus teliti dan hati-hati untuk proses ini pasang monosok. Terutama pada poros arm yang nempel dengan rangka. Agar bisa masuk ke rangka Ninja 250 jalan terakhirnya harus dibubut agar terpasang sempurna.

Untuk bodi, Ipul tak melakukan perubahan banyak yang berarti. ÔÇ£Bodi belakang cuma diganti model undertailnya aja. Tanki tetep ori, cukup dipermanis dengan shroud dan deltabox supaya sepadan dengan kaki-kakinya," pungkasnya.

Mantap!  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Battlax BT92 120/60-17
Ban belakang : Battlax BT01 190/60-17
Kaki-kaki : Suzuki GSX-R1000
Sepatbor depan: Suzuki GSX-R1000

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular