Kampas Rem Asbestos Kurang Pakem, Masa Sih?

Motorplus - Kamis, 8 November 2012 | 16:57 WIB


Banyak anggapan kalau kampas asbestos dan non asbestos kadang bikin blong rem ketika dipakai balap. Benar enggak ya? Nah, kudu cari tahu lebih!

ÔÇ£Sebenarnya, kalau bahan asbestos dan non asbestos itu hanya berpengaruh empuk atau tidaknya rem,ÔÇØ kata Basuki Suseno, pengamat otomotif yang pernah bekerja di salah satu produsen pelek dan kini bekerja di bidang chemical oil.

Menurut Basuki, memang kampas berbahan asbestos punya material lebih empuk ketimbang non asbestos. Tetapi, bukan berarti non asbestos itu tidak lebih pakem dari asbestos, lho.

ÔÇ£Seharusnya teknologi non asbestos itu lebih tinggi dari asebestos. Banyak ragam spesifikasi yang dimiliki non asbestos,ÔÇØ ujar Basuki lagi.

Senada pendapat Basuki, Endro Sutarno juga berkata kalau pakem atau tidaknya rem bukan dipengaruhi material. ÔÇ£Malah, kampas berbahan asbestos lebih cepat habis karena empuk,ÔÇØ aku Endro yang bekerja di Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM).

Pakem atau tidaknya itu, seolah menjadi kebiasaan bagi pemakai. Artinya mereka yang dulu terbiasa dengan asbestos menganggap lebih pakem. Sementara yang non asbestos tidak.

"Kampas non asbestos, selain lebih awet daya pakainya juga miliki keunggulan yang lebih ramah lingkungan. Ini sudah diaplikasi di motor dan mobil sekarang,ÔÇØ beber Endro lagi.

Baik menurut Endro dan Basuki, rem blong ketika balap bisa disebabkan berbagai hal. Misalnya dari spesifikasi minyak rem yang tidak sesuai anjuran pemakaian. Contohnya jika master rem butuh spesifikasi DOT 3, malah dikasih yang di bawah itu.

"Selain itu, dari panasnya permukaan cakram juga bisa menyebabkan faktor rem tidak pakem,ÔÇØ tambah Endro yang ramah. Karena dipakai balap dan sering kalinya pengereman, maka permukaan cakram jadi lebih panas dari kondisi pemakaian normal.

Panasnya cakram akan merambat ke minyak rem dan menimbulkan semacam gelembung udara. ÔÇ£Kondisi seperti ini akan menyebabkan terjadinya udara palsu. Sehingga ketika tarik tuas rem, seakan blong,ÔÇØ tambahnya.

Kondisi atau permukaan cakram yang termakan juga bisa jadi faktor penyebab. ÔÇ£Banyak faktor lainnya juga. Seperti halnya tekanan piston di kaliper atau master yang tidak sempurna,ÔÇØ tutup Basuki. Bukan kampas ya!  (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular