Supermoto Owners Group, Turing Mengejar Datuk Maringgi

Motorplus - Jumat, 18 Januari 2013 | 08:44 WIB


Jelang penutup 2012 lalu komunitas penggemar supermoto yang gabung di Supermoto Owner Group (SMOG) sukses gelar acara turing. Perjalanan yang bertajuk ÔÇÿMengejar Datuk MaringgiÔÇÖ ini mengambil rute Jakarta-Bukittinggi dengan menempuh jalan aspal sepanjang lebih dari 1.478 Km.

Ini merupakan turing jauh kali ketiga yang digelar SMOG. Sebelumnya, mereka telah menghelat turing serupa dengan rute Medan-Aceh pada 2011 lalu. Dan rute Makassar-Manado awal 2012. ÔÇ£Selain SMOG Jakarta gelaran ini juga diikuti oleh a SMOG Makassar, SMOG Pekanbaru, dan SMOG Medan,ÔÇØ jelas Muhammad Mario sebagai Presiden SMOG.

Total 40 motor mengikuti gelaran ini. Ada yang ngegas Yamaha Scorpio dan Kawasaki KLX 150S yang sudah dimodifikasi tampilan supermoto. Sampai besutan built-up dari berbagai merek. Mulai Honda CRF 250, Husqvarna TE 450, Husqvarna 610, Husqvarna TE 450, KTM 990, KTM SMC 690 R, KTM EXC 250, KTM Duke 200, Suzuki DRZ 400, dan Suzuki DRZ 400 SM yang sudah ganti ban aspal.


ÔÇ£Kita enggak membedakan motor yang dikendarai. Yang penting sama-sama suka supermoto silakan gabung. Saat perjalanan turing juga diberi kebebasan mau duluan boleh, belakangan juga silakan. Yang penting tetap menjunjung tinggi safety riding di jalan,ÔÇØ tambah Siswa Murwono salah satu dewan pembina SMOG.

Perjalanan yang memakan waktu 5 hari, start dari Merak melewati Lampung, Bengkulu menuju Mukomuko, Padang, dan pamungkasnya finish di Bukittinggi tepat di depan Jam Gadang. Paling berkesan perjalanan dari Lampung Tengah menuju Bengkulu. Melewati daerah Kotabumi, Bukit Kemuning, Liwa, dan Krui jarak tercatat 710 km dengan waktu perjalanan 20 jam. ÔÇ£Kami sempat melambung karena memutar jalur lantaran jalanan terputus,ÔÇØ ujar Lery Rachmat Riski, anggota SMOG Jakarta.

Untuk agenda 2013 rupanya SMOG telah meyiapkan agenda turing sayang rutenya masih dirahasiakan. ÔÇ£Pastinya rutenya lebih dahsyat dan bakal banyak cerita seru sepanjang perjalanan, jadi siapkan mental,ÔÇØ pasti Siswa Murwono. Cerita lengkap dan foto perjalanan turing keren ini di Majalah BIKERS edisi 53. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular