Perawatan Motor Sport 200 cc ke Atas (bag.3), Suzuki Inazuma

Motorplus - Selasa, 2 April 2013 | 14:15 WIB


Motor sport kelas 250 cc dari Suzuki ada Inazuma. Motor bertampang gagah dan kekar ini termasuk masih langka seliweran di jalanan. Wajar karena launchingnya sendiri baru 2012 lalu. Populasinya pun belum sebanyak motor sport 250 cc merek lain.

Bagi penunggang Suzuki Inazuma yang masih bingung untuk perawatan wajib diperhatikan bagian kelistrikan. "Area kelistrikan dan sensor sensitif harus dicek saat usia pemakaian satu tahun," wanti Denny Ashadi dari Suzuki Sinar Roda Kencanamas di JL. Panjang, No. 28, Kelapa Dua, Jakarta Barat.

Sayangnya daftar harga spare-parts Suzuki Inazuma, belum lengkap tersedia di beberapa bengkel Suzuki. "Untuk biaya servis Suzuki Inazuma memang lebih mahal dibanding motor Suzuki lainnya. Tapi komponennya dijamin memiliki kualitas baik," pasti Denny.

Secara umum beberapa komponen s yang harus diganti sama saja dengan motor lain. Jika motor sering dipakai dalam waktu satu tahun, area pengereman harus diperhatikan. "Jika kampas rem depan dan belakang sudah aus wajib dan langsung segera diganti," ujar Denny.

Inazuma yang sudah mengusung teknologi Injeksi ini memang termasuk motor premium. Dengan mesin 250 cc perawatan Inazuma sedikit beda dengan motor sport Suzuki lainnya misal Thunder 125 atau Thunder 250. Jadi siapkan budget lebih untuk perawatan motor sport keren ini.

Sebagai pengetahuan awal biaya servis yang harus disiapkan meliputi servis injektor Rp 200 ribu, servis ringan Rp 150 ribu, servis berat Rp 400 ribu. Terakhir servis kelistrikan yang didalamnya terdapat sensor sensitif dikenakan biaya Rp 50 ribu.

Walaupun ketersediaan spare-parts Suzuki Inazuma di beberapa bengkel resmi Suzuki masih jarang, tapi konsumen nggak perlu khawatir. Proses pemesanan secara inden untuk beberapa parts Suzuki tersedia. Ini untuk menjamin kualitas barang karena unit Inazuma masih terbilang motor premium yang masing jarang dimiliki. (motorplus-online.com)

DAFTAR HARGA
Kampas rem depan : Rp 472.500
Kampas rem belakang : Rp 213.200
Busi : Rp 107.300
Filter oli : Rp 16.800
Filter udara : Rp 107.100

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular