Pasang Sein LED di Kawasaki Ninja 250 FI, Bisa Dengan Dua Cara

Motorplus - Selasa, 23 April 2013 | 14:08 WIB


Modifikasi lampu belakang sah-sah saja, yang penting jangan sampai membahayakan pengendara lain. Ingat fungsi komponen ini adalah sebagai media komunikasi dengan pengguna jalan lainnya dalam bentuk simbol.

Salah satu part modifikasi lampu belakang yang masih dalam koridor estetika dan fungsional bisa ditemui di Anjany Racing. Lampu belakang untuk Kawasaki Ninja 250 FI atau Z250 dengan warna mika smoke ini masih aman digunakan karena dibekali lampu LED dan terintegrasi dengan lampu sein di dalamnya.

Meski dari luar tampak gelap, tapi lampu ini masih memancarkan warna merah, begitu juga dengan lampu sein tetap memancarkan warna oranye.

Yuk coba dipasang! Jangan lupa, tebus dulu lampu rem LED ini dengan menukarkan uang Rp 950 ribu. Lalu, boleh deh bongkar bodi. Yang pertama dilakukan adalah mencopot jok, cover bodi, dan sepatbor belakang. Selanjutnya lepas stoplamp bawaan motor.

Oh iya jangan lupa juga melepas lampu sein standar yang melekat di sepatbor. Jika sudah terlepas semua, pasang stoplamp led yang sudah terintergrasi lampu sein. Nah agar stoplamp bisa bekerja sempurna ada dua cara.

ÔÇ£LED memiliki watt yang lebih rendah di banding bohlam, agar flasher standar tetap berkerja secara normal mengedipkan lampu sein maka dibutuhkan 'jumper'. Jika tidak ingin dijumper bisa dengan cara mengganti flasher punya motor Honda Supra X atau Grand,ÔÇØ urai Dadi, mekanik Anjany Racing.


Tips yang lagi dijelaskan sekarang adalah dengan cara dijumper, untuk itu perlu membeli lagi fitting bohlam model tusuk, kerap dipakai pada lampu sein beberapa jenis motor. Sambungkan kabel fitting dengan kabel sein yang terhubung di kabel bodi, selanjutnya hubungkan kabel sein stoplamp LED dengan cara di seri.

ÔÇ£Flasher akan membaca tegangan lampu sein masih tetap menggunakan bohlam, maka dari itu sein bisa tetap berkedip,ÔÇØ jelas Dadi .

Jika sudah beres semua, lanjut dengan membungkus menggunakan isolasi listrik, bohlam sein yang berfungsi sebagai jumper juga boleh ditutup menggunakan isolasi, selanjutnya tinggal letakan didalam bodi.

Stoplamp sudah bekerja sempurna dan terlihat beda dengan yang standar tanpa mengurangi fungsi dan estetika. Asik kan! (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular