Utilitas, Obat Lampu Rem Bermasalah

Motorplus - Kamis, 2 Mei 2013 | 10:42 WIB


Lampu rem memberikan tanda bagi pengendara di belakang bahwa kita mengurangi kecepatan. Akan jadi masalah saat lampu rem menyala terus atau bahkan tidak mau hidup saat kita menekan tuas rem. Pengendara dibelakang bingung dan bisa terjadi hal yang tak diinginkan.

Kejadian sempat menimpa Honda Tiger milik Trisno Dirgantoro, sakelar lampu rem depan masalah ÔÇ£Ada yang tak beres dengan kelistrikan rem,ÔÇØ buka salah satu pengajar di jurusan Teknik Sepeda Motor SMK N 1 Tengaran, Kab. Semarang itu.

Pria yang sehari-hari berkecimpung dengan bongkar-pasang motor ini coba memberikan solusi. Sakelar rem depan dan sakelar rem belakang berbeda cara kerjanya. Tapi, prinsipnya sama, sama-sama memutus dan menghubungkan arus listrik.


Pertama, jika yang alami trouble sakelar lampu rem depan. Yang harus kita lakukan melepas sakelar rem yang ada di bawah ujung tuas rem. Selanjutnya buka menggunakan pengungkit, bisa pakai obeng min kecil. ÔÇ£Setelah terbuka kita bisa melakukan pengecekan pada kontak poinnya dan penekannya.

Kontak yang sudah kotor bisa dibersihkan dari debu dan kotoran lain. Jika sudah bersih pada bagian kontaknya selanjutnya periksa juga penekannya, biasanya kalau keausan sudah terjadi lampu rem akan hidup terus.

ÔÇ£Kalau pada bagian ini yang mengalami keausan bisa menambahkan plastic steel, sehingga saat tuas rem dilepas, penekan akan menekan sempurna,ÔÇØ bebernya.

Hati-hati saat membuka sakelar pengungkit. Jangan sampai komponen-komponen yang ada di dalam terlepas, akan menyebabkan kita kesulitan saat merakitnya karena kecil-kecil. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular