Riset di Jepang, Suzuki Shooter 115FI Dites Bareng Moge Hayabusa

Motorplus - Sabtu, 4 Mei 2013 | 17:48 WIB


Meski dibuat berdasarkan keinginan pasar di tanah air, tapi Suzuki Shooter 115FI dikembangkan langsung di Jepang. "Sampai pengujiannya dilakukan di Jepang," yakin Minoru Hirahara, Assistant Chief Engineer Motorcycle Product Planning Department, Suzuki Motor Corporation, Jepang.

Bahkan, Suzuki Shooter 115FI dites di fasilitas yang sama dengan moge mereka Suzuki Hayabusa. "Item test nya sama seperti motor-motor besar Suzuki seperti Hayabusa," jelasnya.

Menurutnya, Suzuki Shooter 115FI dikembangkan berdasarkan lima kebutuhan yaitu high reliability, high running performance, superior FI engine fuel economy, light weight dan useful equipment. Menjawab kebutuhan tersebut, maka Suzuki membuat mesin yang benar-benar baru.

Mesin ini menggunakan konsep LEaP (Light Efficient and Powerfull). Suzuki memangkas bobot motornya mulai dari mesin hingga rangka dan bodi, sekaligus membuat mesin yang minim gesekan agar performannya semakin baik. Seperti aplikasi roller rocker arm juga piston yang lebih ringan dan kruk as baru.

Mesin 115 cc SOHC nya diklain memiliki power 9,3 PS di 8.000 rpm dan memiliki torsi 9,1 Nm pada 6.000 rpm. Sedang untuk konsumsi bahan bakarnya, sistem injeksi terbarunya mampu membuat Shooter 115FI lebih irit. "Hemat hingga 37 persen bila dibandingkan dengan bebek lain," yakin Minoru Hirahara.

"Oiya untuk membuktikan motor ini ringan, coba saat menggesernya di tempat parkir atau memposisikannya di standar tengah, akan terasa ringan," jelasnya dalam bahas Jepang. Sedang untuk kemudahan penggunaan sehari-hari, Suzuki juga telah menyediakan boks bagasi berukuran 8 liter dan aki tipe kering untuk mempermudah perawatan.

Sedang untuk harganya, motor ini dijugal dalam tiga varian berbeda. Yaitu Suzuki Shooter 115FI Rp 11,6 juta, Suzuki Shooter 115FI R Rp 12,45 juta dan Suzuki Shooter 115FI SR Rp 13,25 juta. Semuanya harga on the road Jakarta. (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular