Setel Rem Combi Brake System, Bisa Depan-Belakang

Motorplus - Senin, 20 Mei 2013 | 08:57 WIB


Ketika mengaplikasi fitur rem Combi Brake System (CBS), sobat enggak perlu bingung buat penyetelan toleransi. Ya, seperti di Honda Vario 125 PGM-FI CBS atau Honda BeAT PGM-FI CBS. Selain merujuk ke bengkel resmi terdekat, hal itu pun bisa dilakukan sendiri di rumah tuh.

ÔÇ£Untuk penyetelan toleransi, bisa dilakukan melalui baut setelan rem di rem depan atau rem belakang,ÔÇØ sebut Abdul Rohim dari bengkel AHASS HTML Motor di daerah Kp. Sawah, Ciputat, Tangerang.

Untuk bagian depan, sobat kudu buka cover setang terlebih dahulu. Setelah itu, cari baut setelan yang ada di bagian master rem depan. Tepatnya, di bagian bawah.

ÔÇ£Baut ini bisa diputar agar rem belakang bergerak lebih maju lagi dan membuat rem semakin pakem,ÔÇØ ungkap Boim, sapaan akrab Rohim sembari bilang untuk torsi pengencangan baut ini sekitar 6,4 N.m (0,7 kgf.m).

Sedang untuk penyetelan melalui tuas rem belakang, sobat tinggal memutar baut setelan yang ada di tuas rem di teromol. Semakin diputar ke bagian dalam, rem akan semakin pakem.

ÔÇ£Jarak main atau toleransi tuas rem sekitar 10 - 20 mm. Itu diukur dari keadaan bebas hingga tuas ditarik untuk pengereman,ÔÇØ saran Boim lagi.

Oh ya, ada batasan untuk penggantian cakram depan nih. Standarnya, cakram memiliki tebal 3,3 ÔÇô 3,7 mm. Jika ketebalannya hanya menyisakan 3,0 mm, sebaiknya lakukan penggantian. (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular