Aprilia Tuono V4 R 2014, Dilengkapi ABS dan Lebih Bertenaga!

Motorplus - Minggu, 14 Juli 2013 | 14:22 WIB



Produsen roda dua asal Italia,  Aprilia melakukan update untuk varian Touno V4 R versi 2014. Motor ini akan dilengkapi Anti Lock Brakes System (ABS), perubahan pada dimensi tangki bahan bakar serta meningkatkan tenaga dari mesin 1000cc V4-nya.

Touno V4 R menggunakan perangkat ABS dari Bosch 9MP. Piranti ini memiliki tiga settingan pengereman. Ada mode Track, Sport dan Rain dapat anda aplikasikan. Ketiga mode pengereman ABS ini langsung terintegrasi dengan mapping bahan bakar pada mesin. Oiya, fitur ABS ini juga dapat dinonaktifkan.

Pemakaian mesin masih sama seperti versi awal yaitu mesin yang serupa dengan yang digunakan Aprilia RSV4. Bedanya, Aprilia memberikan sentuhan untuk mengurangi friksi pada mesin, juga melakukan perubahan pada sump ventilation dan melakukan up date exhaust system dan fuel management.

Dengan penyempurnaan ini, Aprilia Touno mengalami kenaikan tenaga 2.7 dk. Pihak Aprilia mengklaim tenaga maximum yang dapat dikeluarkan 167,6 dk pada putaran 11.500 rpm dan torsi 111,4 Nm di 9.500 rpm.

Paket elektronik APRC juga ikut disempurnakan. Traction Control System tetap menggunakan delapan tingkat pilihan menggunakan joystick yang terletak di sebelah kiri handle bar, tetapi software settingan level ini ikut diperbaharui untuk mengurangi sliding di tikungan. Wheelie control system dengan tiga settingan juga dikalibrasi ulang. Sedang launch contor dan quick shifter tidak diubah.


Refreshment di bagian lainnya ialah penggunaan jok baru dengan padding ekstra dan revisi setelan suspensi yang di sesuaikan dengan penggunaan harian. Seperti versi RSV4 yang terakhir diluncurkan. Aprilia Tuono memiliki tangki bahan bakar yang lebih besar mampu menampung 18,5 liter bahan bakar.

Aprilia Tuono V4 R ABS ini hanya diproduksi dua warna Hitam dan Putih! (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular