Yuk Bikin Headlamp Nouvo Lele Pakai Satu Bulb

Motorplus - Senin, 19 Agustus 2013 | 12:01 WIB


Yamaha Nouvo lama atau beken dipanggil Nouvo Lele sudah 10 tahun muncul di jalanan. Pantas jika lampu depan sudah mulai kusam dan pecah-pecah. Menggantinya, cukup susah cari yang orisinalnya. Tapi tenang, ada kreasi custom ciamik dan memang stylish.

ÔÇ£Selain karena faktor usia, kebanyakan reflektor Nouvo tidak tahan panas. Apalagi jika yang ingin pakai HID,ÔÇØ cerita Wisnu Adi Saputro, yang punya workshop Rakyat Sinting Matik Shop di Jl. Pejaten Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Menurut Wisnu, saat ini memang lagi musim custom reflektor pada headlamp Nouvo. Khususnya, Nouvo lama atau akrab di sapa Nouvo Lele.

Pada pengaplikasian sebenarnya, cukup terbilang sederhana namun ekstrim.Karena reflektor asli Nouvo terpaksa dibobok, lalu diganti dengan reflektor jenis motor lain. Berbagai pilihan pun tersedia. Seperti menggunakan reflektor Yamaha Mio Soul, Honda BeAT, Supra Fit. Bahkan, Supra X 125 yang juga punya dua bulb.

Sejatinya, semua pilihan tak mengurangi visibilitas penerangan selama reflektor tersebut berlabel Ori. Dan, tepat pemasangnya. Bahkan menurut Wisnu, masing-masing pilihan punya karakter cahaya yang berbeda, jadi tergantung selera. Pemasangan, cukup siapkan solder, cutter, gergaji besi, amplas, dan Lem.



Pertama, pilih jenis reflektor karena masing-masing jenis beda ukuran dan diameternya. Lalu, bobok bagian belakang reflektor Nouvo pakai gergaji besi. Setelah itu, ampelas sisi bekas potongan tadi.

Selanjutnya, lepas mika bagian depan headlamp Nouvo. Ini dilakukan untuk jalur masuk reflektor baru kedalam rumah headlamp Nouvo. Yang perlu diperhatikan adalah menjaga posisi headlamp agar center. Sehingga, titik fokus cahaya tetap terjaga.

Ketiga, pasang kembali mika depan Nouvo dan lem bagian belakang reflektor. Pastikan, tidak ada celah untuk debu dan air masuk ke dalam reflektor. Setelah kering, pasang soket kelistrikannya. (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular