Komparasi Desain Head Lamp Motor Sport, Mana Paling Ganteng?

Motorplus - Minggu, 25 Agustus 2013 | 09:33 WIB

Lampu depan atau head lamp atau lampu depan tidak saja berfungsi sebagai alat penerang. Pada sebagian besar motor terkini, fungsi dari head lamp telah berkembang luas sebagai pemanis tampilan.

ÔÇ£Terutama di motor sport. Model dan beberapa komponen di dalamnya sudah sedemikian berkembang. Fungsi keselamatannya tetap ada, namun secara tampilan makin enak untuk dilihat,ÔÇØ jelas M. Abidin, General Manager Technical Service Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufaturing (YIMM) dalam acara buka puasa bersama Yamaha dengan media.

Berikut ini varian head lamp pada beberapa motor sport yang beredar di Tanah Air. Juga keunggulan dari penerapan model itu. Silakan disimak.

YAMAHA V-IXION LIGHTNING
Perubahan bentuk bodi head lamp pada varian Yamaha V-ixion lawas dan V-ixion Lightning sangat terlihat. Jika dulu bentuknya segitiga dan meruncing di bagian bawah, ÔÇ£Pada New V-ixion Lightning tampak kotak dengan bagian ujung atas sudah dibuat lebih meruncing. Model baru ini tentunya lebih maskulin namun tetap stylish,ÔÇØ yakin M. Abidin.

Bahkan model lampu depan Yamaha sport berkapasitas 150 cc ini banyak ditiru oleh kalangan modifikator lantaran modelnya memang keren. ÔÇ£Saya perhatikan model lama bisa diubah dengan penambahakn cover fiber pada model lawas,ÔÇØ ucap Abidin.


 
1. HONDA CB150R
Penampilan Honda CB150R Streetfire sangat gagah dengan lampu depannya. Head lamp yang sedikit besar dibanding varian motor sport Honda lainnya ini juga berfungsi menjadi penutup perangkat spidometer.

Tapi sepintas secara keseluruhan masih terlihat sudut lancipnya dan terkesan lebih garang dan sporty. Kelebihan pada varian Honda CBR 150 R ini ada pada reflektor yang ada bagian dalam lampu depan. Komponen ini juga ikut menambah intensitas pencahayaan sehingga penerangan jauh yang baik dan tentunya juga terang.

2. KAWASAKI Z250
Varian Kawasaki Z250 yang basicnya Ninja 250 injeksi ini hanya terdapat perbedaannya di bagian fairing. Z250 tanpa fairing otomatis dengan head lamp beda dari Ninja 250. Bentuknya menyerupai Kawasaki genereasi Z.

Kawasaki generasi Z mulai dari Z1000 sampai Z800 mempunyai desain double head lamp. Pada sisi kedua head lamp motor ini punya style mata ÔÇÿpicekÔÇÖ alias nyala satu. Dilihat lebih detail model lampu begini tampak wajahnya lebih bengis.

3. PULSAR 200NS
Motor sport hasil kerja sama global Kawasaki dan Bajaj ini menjadi penggebrak motor sport kelas 200 cc di Indonesia. Bentuk head lamp yang atraktif dan menarik dengan bentuk model V.

Terdapat garis pemisah untuk bagian atas dan bawah lampu. Dengan begitu head lamp dan lampu senja terlihat lebih jelas.


4. SUZUKI INAZUMA
Suzuki Inazuma yang merupakan produk global dari Suzuki punya tampang sport turing tulen. Bentuk head lamp yang menyasar terpisah dengan bodi menjadikan motor ini street fighter.

Dibekali dengan single head lamp besar motor yang dibilang baby Suzuki B-King ini punya dua lampu senja yang ditempatkan pada kedua sisi atas.

5. KAWASAKI Z800
Bentuk head lamp Kawasaki Z800 dan Z250 mirip. Jika diperhatikan lebih seksama baru akan terlihat perbedaannya. Terlihat pada posisi lampu sein, Z250 ditempatkan pada atas glass-lamp sedangkan Z800 berada pada bawah glass-lamp. Perbedaan lain bisa kita temukan pada desain cover lamp keduanya, Z800 memang terlihat lebih besar daripada Z250.

6. KTM DUKE 200

Head lamp KTM Duke 200 punya ukuran lebih kecil dibanding kondom tangki. Kondom penampung bahan bakar yang besar menggelembung tidak sama dengan head lamp yang masuk kategori tidak terlalu besar. Meski begitu, tampang head lamp yang khas motor Eropa tetap terlihat wah. Dibekali lampu single head lamp besar dengan reflektor. Sepintas berbentuk V dan dilengkapi lampu senja di bagian bawah.

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular